Cara Memilih Sayuran Segar yang Akan Anda Beli

sayuran
sayuran
Sayuran.

Bhataramedia.com – Sayuran kaya akan kandungan vitamin dan berbagai nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun agar kandungan baik pada sayuran tetap utuh saat dikonsumsi maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola sayuran. Salah satunya adalah cara memasak sayuran yang tidak boleh menggunakan suhu kompor yang panas. Oleh karena suhu yang panas akan menguraikan kandungan vitamin atau nutrisi lainnya pada sayuran, pada saat dikonsumsi kandungan baik pada sayuran tidak utuh lagi.

Akan tetapi, hal paling dasar dalam mengelola sayuran adalah proses pemilihan sayuran itu sendiri. Usahakan untuk memilih sayuran yang masih segar. Karenanya jangan terburu-buru saat berbelanja sayuran di pasar. Pilih dengan teliti sayuran tersebut dengan memperhatikan tips-tips di bawah ini.

1. Sayuran Daun

Untuk sayuran daun seperti kangkung bayam dan lain sebagainya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih. Yakni perhatikan tingkat kesegaran sayuran daun tersebut, apakah layu atau tidak. Kemudian perhatikan pula daunnya apakah masih utuh, tidak ada lubang bekas gigitan ulat, tidak sobek dan tidak ada bercak kehitaman. Perhatikan pula batang daunnya, sayuran daun yang masih segar memiliki batang daun yang tidak lembek atau layu serta mudah untuk dipatahkan.

2. Sayuran Buah

Untuk sayuran buah seperti tomat, mentimun dan lain sebagainya, hal yang harus diteliti seperti warna dari sayuran buah tersebut. Sayuran buah yang masih segar memiliki warna yang masih cerah dan tidak memiliki bercak kehitaman. Kemudian bentuk dari sayuran buah tersebut masih utuh, tidak ada lubang, tidak tergores, tidak penyok dan tidak ada bekas gigitan hama. Tekstur dari sayuran buah tersebut pun masih keras, tidak lembek dan tidak lunak.

3. Sayuran Kacang-kacangan

Untuk sayuran kacang-kacangan seperti kacang panjang, buncis dan lain-lain. Hal pertama yang bisa untuk diteliti adalah warnanya adalah yang umumnya berwarna hijau segar. Kemudian perhatikan perhatikan batas antara bijinya, sayuran kacang-kacangan yang masih segar batas antara bijinya belum terlihat jelas. Lalu, tekstur dari sayuran kacang-kacangan apabila dipegang masih terasa keras, tidak lembek atau layu. Selain itu, batang dari sayuran kacang-kacangan yang segar ini mudah untuk dipatahkan.

You May Also Like