Langkah Mudah Mengelola Sampah Dengan Benar

Langkah Mudah Mengelola Sampah Dengan Benar

Bhataramedia.com – Jika kamu sehari-harinya hanya membuang sampah pada tempatnya tanpa tahu cara untuk mengelolanya, maka artinya kamu perlu menyimak ulasan kali ini. Sebab ternyata mengelola sampah sendiri pun bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Apalagi untuk saat ini masih banyak yang belum menyadari bahwa Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang sampah terbanyak. Bahkan dalam skala tahunan, Indonesia telah menghasilkan sampah sebanyak 64 juta ton dan ini berdasarkan data riset dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita mengetahui bagaimana mengelola sampah yang benar agar bisa mengurangi dampak buruknya terhadap lingkungan kita. Dan karena itu pula, kali ini kita akan membahas langkah mudah mengelola sampah dengan benar, sehingga kamu bisa memulainya sedini mungkin.

Tujuan Mengelola Sampah Dengan Benar

Berdasarkan survey dari Badan Pusat Statistik, ternyata sumber sampah yang paling dominan adalah sampah rumah tangga dan sekarang ini pun masih banyak masyarakat yang kurang edukasi mengenai cara mengelola sampah yang benar. Seringnya kita menemukan masyarakat yang memilih untuk membakar sampah rumah tangga, padahal hal tersebut bisa membahayakan kesehatan terlebih jika sampah yang dibakar menghasilkan bahan kimia. Sampah tersebut akan memuai ke udara lalu memicu polusi. Terlebih lagi ada dua zat utama hasil pembakaran yakni karbon monoksida dan formalin yang bisa memicu penyakit pernapasan.

Tujuan dari mengelola sampah dengan benar pun agar sampah bisa memiliki nilai ekonomi atau setidaknya kita bisa merubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Dengan mengelola sampah yang benar, terlebih sampah rumah tangga, tentunya bisa menekankan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Sampah rumah tangga terbagi menjadi dua jenis, yakni organik yang berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi seperti sayur, tulang ikan, tulang ayam dan sebagainya. Lalu ada juga sampah anorganik yang merupakan sampah plastik, kardus, kertas hingga barang elektronik.

Langkah Mudah Mengelola Sampah Dengan Benar

Setelah mengetahui tujuan dalam mengelola sampah dengan benar, maka berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Memisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Untuk mengelola sampah dengan benar, kamu harus menyediakan 2 tempat sampah yang satu untuk sampah organik dan satunya lagi untuk sampah anorganik. Kamu juga bisa memisahkan sampah kering yang nantinya kamu bisa kamu daur ulang tanpa terlihat kotor ataupun bau.

2. Gunakan Koran Atau Kardus Sebagai Alas Plastik Sampah

Ketika kamu sudah memilah sampah dengan benar maka kita tak memerlukan alas plastik karena kita bisa menggunakan koran, kardus bahkan tanpa alas, langsung ke tempat sampahnya.

3. Menyulap Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

Selanjutnya kamu juga bisa menyulap sampah organik menjadi pupuk kompos untuk berkebun. Namun jika kamu tidak suka berkebun, kamu bisa menyumbangkan pupuk kompos tersebut kepada orang lain yang memang suka atau bergerak di bidang perkebunan sehingga sampah tersebut jadi lebih bermanfaat.

4. Mendaur Ulang Sampah Anorganik

Selain sampah organik, kamu juga bisa mendaur ulang sampah anorganik kering untuk membuat D.I.Y seperti botol bekas menjadi pot tanaman ataupun kaleng bekas menjadi tempat penyimpanan bumbu.

5. Mengelola Sampah yang Berbahaya

Khusus untuk sampah yang mengandung kimia seperti baterai atau tinta printer, pastikan untuk tidak membuangnya ke tempat sampah sebab akan sangat membahayakan lingkungan. Pisahkan sampah jenis ini lalu bawa ke pusat daur ulang sampah agar dikelola dengan cara yang tepat.

6. Minimalis Penggunaan Plastik

Cara yang paling mudah adalah dengan mengurangi penggunaan sampah sebisa mungkin. Kamu bisa membawa tas belanja sendiri saat ke pasar atau membawa alat makan atau tempat minum sendiri agar tidak ada penggunaan plastik.

Setelah kita mengetahui bagaimana mengelola sampah yang benar, pastinya kita bisa lebih mudah menjaga lingkungan kita dari pencemaran sampah. Dan jika makin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mengelola sampah dengan benar, bisa saja lingkungan kita terbebas dari banjir.

Penutup

Demikianlah ulasan kali ini mengenai langkah mudah mengelola sampah dengan benar. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk semua.

You May Also Like