Tips Agar Si Kecil Suka Makanan Bergizi

Tips Agar Si Kecil Suka Makanan Bergizi

Bhataramedia.com – Sebagai orang tua tentunya kita ingin si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik serta sehat, salah satu caranya adalah memberikan makanan dan minuman bergizi yang sangat penting guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun sayangnya, bukan perkara mudah dalam membiasakan anak untuk mau makan makanan bergizi dan sering kali terkendala dengan penolakan dari si kecil. Lalu, bagaimana caranya agar si keci mau dan suka dengan makanan bergizi? Mari ikuti ulasan selengkapnya berikut ini yang akan membahas tips agar si kecil suka makanan bergizi.

Pentingnya Makanan Bergizi Bagi Si Kecil

Seiring bertambahnya usia anak, mereka akan semakin sibuk dengan dunianya sehingga tak jarang asupan makanan pada anak pun tak terpantau padahal asupan nutrisi yang sehat sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, makanan yang bergizi dan kaya nutrisi akan meningkatkan fokus, dapat menjaga imunitas tubuh serta mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Dengan pentingnya peran makanan bergizi bagi si kecil tentu para orang tua harus memiliki cara agar anak bisa menyukai makanan bergizi. Dan jangan sampai asupan gizi dan nutrisi pada anak tak terpenuhi sebab bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang si kecil.

Tips Agar Si Kecil Suka Makanan Bergizi

makan makanan bergizi untuk anak
makan makanan bergizi untuk anak

Ketika anak sudah bisa memilih makanan yang mereka sukai, saat itulah kita sebagai orang tua harus pandai – pandai memilih cara dalam memberikan asupan yang sehat kepadanya agar mereka juga bisa menyukainya. Dan apabila anda kesulitan dalam menghadapinya, coba terapkan beberapa tips berikut ini agar si kecil suka makanan bergizi.

1. Beri Pilihan Makanan Bergizi dan Bernutrisi

Memiliki anak yang telah pandai memilih makanan, maka kita sebagai orang tua perlu memberikan beberapa pilihan makanan bergizi dan bernutrisi yang nantinya bisa mereka pilih sesuai dengan kesukaan mereka. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengetahui mana makanan bergizi yang paling mereka sukai.

2. Kreasikan Bentuk Makanan

Setelah mempersilahkan anak untuk memilih makanan bergizi kesukaan mereka, maka anda juga perlu untuk mengkreasikan bentuk makanan agar tampak lebih menggoda dan si kecil pun bisa menyukainya. Misalnya, bentuk seperti wajah tokoh kartun kesukaannya atau lainnya yang cenderung merekai sukai.

3. Buat Suasana Menyenangkan Saat Makan

Suasana yang menyenangkan bisa meningkatkan nafsu makan anak, oleh karena itu penting untuk membuat suasana yang menyenangkan saat si kecil makan, misalnya buat suasana piknik di halaman belakang rumah atau bisa juga dengan mengundang berberapa temannya untuk makan bersama. Dengan begitu si kecil pasti akan merasa lebih menyukai makanan bergizi yang anda buat untuknya.

4. Hindari Makanan Fast Food

Sebagian orang tua yang memiliki kesibukan mungkin akan membiarkan anaknya untuk memesan makanan fast food, padahal itu bisa berbahaya. Selain tidak menyehatkan, makanan fast food cenderung membuatnya ketagihan akhirnya merasa ingin lagi dan lagi. Oleh karena itu, penting untuk menyempatkan diri agar bisa menyiapkan makanan rumahan agar tidak memesan makanan fast food. Bahkan anda bisa menyelipkan sayur ke dalam makanan rumahan agar anak bisa memakan makanan yang lebih bergizi dan bernutrisi.

5. Jangan Biasakan Si Kecil Jajan Sembarangan

Tips yang terakhir adalah jangan biasakan si kecil jajan sembarangan di luar seperti minuman manis, camilan berwarna dan berminyak. Sebab selain tidak sehat, hal ini bisa menimbulkan pola hidup konsumtif pada si kecil. Oleh karenanya, anda bisa membuat camilan rumahan agar si kecil bisa ngemil makanan yang lebih bergizi.

Itulah beberapa tips agar si kecil suka makanan bergizi yang bisa anda terapkan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi baru untuk anda yang membacanya.

You May Also Like