Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan Anak

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan Anak

Bhataramedia.com – Sebagai orang tua tentunya kita sudah seharusnya memikirkan masa depan sang buah hati, tak terkecuali dengan perihal pendidikannya nanti. Untuk itu kita harus mengetahui pentingnya memiliki asuransi untuk anak yang mana saat ini juga sudah ada asuransi pendidikan anak. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa asuransi, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan asuransi pendidikan anak seperti yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Berikut ulasan selengkapnya.

Asuransi Pendidikan Anak

Salah satu tujuan asuransi adalah membantu jaminan segala kebutuhan hidup untuk setiap lapisan masyarakat. Tak terkecuali dengan asuransi pendidikan anak yang juga bertujuan untuk menjamin kebutuhan pendidikan anak bangsa. Asuransi pendidikan hampir mirip seperti tabungan dan asuransi jiwa yang mana memiliki jangka waktu tertentu untuk mencairkan dananya.

pentingnya memiliki asuransi untuk anak
pentingnya memiliki asuransi untuk anak

Kelebihan Asuransi Pendidikan Anak

Adapun kelebihan dari asuransi pendidikan anak adalah sebagai berikut:

1. Terjaminnya Biaya Pendidikan

Tentunya kita tahu bahwa dengan asuransi pendidikan anak, segala kebutuhan sekolah anak selama masa sekolah akan terjamin. Namun, dananya tidak bisa dicairkan kapan saja karena ada jangka waktu tertentu yakni ketika sang anak memulai tahun ajaran baru.

2. Sistem Pembayaran Premi yang Mudah

Selain terjaminnya biaya pendidikan, sistem pembayarannya cukup fleksibel dan mudah, yakni hanya 6 bulan sekali atau setahun sekali.  Dana yang dibayarkan pun bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Namun pastikan juga untuk memahami sistem pembayarannya agar tidak merugi nantinya sebab perusahaan memberikan pilihan jangka waktu dan kategori pembayaran yang sesuai dengan kapasitas kita.

3. Bisa Mengurangi Beban Tanggungan Pendidikan

Sudah pasti untuk menempuh pendidikan kita memerlukan dana yang mana bisa kita sebut juga tanggungan pendidikan, namun asuransi pendidikan anak akan menjamin biaya pendidikan sehingga orang tua tidak akan terbebani dan menanggung finansial yang berlebihan.

Kekurangan Asuransi Pendidikan Anak

Selain kelebihannya, kita juga perlu mengetahui kekurangan dari asuransi pendidikan anak seperti beberapa berikut ini.

1. Dana yang Tidak Bisa Dicairkan Kapanpun

Yang pertama adalah dananya yang tidak bisa kita cairkan kapapun sebab meski waktu dan dana pembayarannya bersifat fleksibel, pencairannya tidak demikian. Kita tidak bisa memprediksi baik jumlah maupun waktunya. Bahkan ada pencairan yang melewati batas waktu yang ditetapkan sebelumnya, sehingga kita juga perlu mempersiapkan dana tabungan pribadi.

2. Nilai Hasil Investasi yang Kecil

Selain itu, nilai hasil investasinya juga kecil karena sistem pelayanan yang tidak stabil sehingga nilai tersebut bisa turun bisa naik. Sehingga sekali lagi, kita juga perlu mempersiapkan dana tabungan pribadi untuk menghadapi situasi saat nilai investasinya sedang turun.

3. Adanya Kelalaian dalam Proses Pencairan Dana

Pada awal perencanaan sistem asuransi, biasanya pihak asuransi akan menjelaskan ketentuan terkait pencairan dananya. Namun seringkali ketentuan tentang pencairan dana tersebut tidak sesuai sebab pihak asuransi sering lambat dalam melakukan proses pencairan dana. Oleh sebab itu, penting untuk memastikannya kembali kepada pihak pemasaran perusahaan asuransi yang akan kamu gunakan dan jangan sampai ada kesalahpahaman yang berakhir tidak dilanjutkannya asuransi tersebut di tengah jalan.

4. Sistem Pembayaran yang Terlalu Lama Penentuannya

Terakhir adalah penentuan untuk sistem pembayaran yang terlalu lama sebab tidak semua orang pandai dalam menyiasati keuangan. Bahkan tak sedikit nasabah asuransi pendidikan anak yang merasa dirugikan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan asuransi pendidikan anak yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan informasi untuk kamu yang berencana untuk menggunakan jasa asuransi pendidikan anak.

You May Also Like