Meningkatkan Kualitas Diet Kurangi Risiko Terserang Diabetes Tipe 2

buah dan sayuran

Bhataramedia.com – Penelitian terbaru telah menemukan bahwa pola makan yang sehat dapat memberikan manfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Menurut penelitian yang dipresentasikan di American Diabetes Association 74th Scientific Sessions, 14 Juni 2014, peningkatan keseluruhan kualitas diet seseorang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Manfaat tersebut merupakan manfaat independen yang tidak terpengaruh oleh perubahan gaya hidup lainnya.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health. Penelitian ini telah menemukan bahwa orang-orang yang meningkatkan nilai indeks kualitas diet mereka sebesar 10 persen selama empat tahun, mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 sekitar 20 persen, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak melakukan perubahan di dalam pola diet mereka. Peningkatan kualitas diet dapat dilakukan dengan memakan lebih banyak biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, minuman yang kurang manis dan lemak jenuh. Kualitas makanan diukur dengan menggunakan Alternate Healthy Eating Index 2010.

Penelitian ini juga meneliti mengenai apakah perbaikan diet adalah penanda dari perubahan gaya hidup lainnya, seperti penurunan berat badan atau peningkatan aktivitas fisik? dan apakah peningkatan kualitas diet secara independen dapat mengurangi risiko seseorang untuk mengembangkan diabetes tipe 2?

“Kami menemukan bahwa pengaruh peningkatan kualitas diet yang terkait dengan diabetes tipe 2 memiliki pengaruh independen di luar penurunan berat badan dan peningkatan aktivitas fisik,” kata pemimpin penelitian ini, Sylvia Ley, Ph.D., seorang rekan post-doktoral di Harvard School of Public Health.

“Jika anda meningkatkan faktor gaya hidup lainnya, anda telah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, tetapi hanya dengan meningkatkan kualitas diet, anda sudah memiliki manfaat yang signifikan untuk mencegah diabetes tipe 2. Hal ini penting, karena seringkali sulit bagi seseorang untuk mempertahankan diet rendah kalori untuk waktu yang lama. Kami ingin orang-orang mengetahui bahwa jika mereka dapat meningkatkan kualitas keseluruhan dari apa yang mereka makan, mereka akan meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko terserang diabetes,” jelas Sylvia.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kualitas diet anda. “Terlepas dari kapan anda memulai untuk memperbaikinya, peningkatan kualitas diet sangat bermanfaat bagi semua orang,” pungkas Sylvia, seperti dilansir American Diabetes Association (14/6/2104).

You May Also Like