Gejala Obesitas yang Jarang Disadari

Gejala Obesitas yang Jarang Disadari

Bhataramedia.com – Gangguan obesitas bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih jika terbiasa mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang bisa membuat tubuh menyimpan kalori tersebut dalam jumlah banyak lalu menjadi lemak. Jika sudah begitu, alangkah baiknya untuk kita ketahui penyebab obesitas agar dapat mengatasinya dengan segera. Sebab apabila tidak maka bisa memicu berbagai masalah kesehatan tubuh. Nah, jika kamu tidak ingin hal tersebut terjadi maka silahkan simak ulasan kali ini yang akan membahas gejala obesitas yang jarang disadari.

Pengertian Obesitas

Obesitas merupakan kondisi tubuh seseorang yang mengalami penumpukan lemak karena adanya kadar kolesterol yang tinggi. Sebenarnya ada banyak penyebab obesitas, mulai dari faktor gaya hidup tak sehat yakni memiliki kebiasaan makan makanan tinggi gula dan lemak atau bisa juga karena jarang berolahraga fisik. Banyaknya kalori yang masuk dalam tubuh namun tidak diimbangi dengan pembakaran lemak seperti berolahraga aktif bisa menimbulkan penumpukan lemak yang akhirnya menyebabkan obesitas.

Obesitas berbeda dengan overweight, yang mana obesitas disebabkan dari adanya penumpukan lemak tubuh berlebih sehingga seseorang tersebut memiliki berat badan yang jauh dari normal dan bisa membahayakan kesehatan. Sementara itu, overweight adalah kondisi seseorang yang memiliki berat badan di atas normal pada umumnya.

Gejala Obesitas yang Jarang Disadari

Banyaknya dari mereka yang mengalami obesitas tidak menyadari akan gejala yang ada, diantaranya:

  • Mudah berkeringat atau berkeringat lebih banyak dari biasanya.
  • Mudah merasa kelelahan dari ringan hingga ekstrim.
  • Merasakan nyeri pada bagian punggung dan sendi.
  • Mengalami kesulitan tidur.
  • Mengalami depresi.
  • Mengalami masalah kulit, misalnya bisul.
  • Mengalami sesak saat melakukan aktifitas fisik.

Bahkan untuk gejala obesitas pada anak-anak ditandai dengan adanya gangguan pubertas hingga penumpukan lemak pada bagian payudara.

Penyebab dan Risiko Obesitas

Penyebab dan Risiko Obesitas

Penyebab obesitas tidak hanya sekedar gaya hidup yang tak sehat dan jarang berolahraga, tapi bisa juga dikarenakan hal lainnya, seperti:

  • Adanya penyakit tertentu, misalnya penyakit Cushing dan sindrom ovarium polikistik.
  • Faktor genetika, yang mana jika salah satu orang tua mengalami obesitas maka anak berpeluang terkena obesitas menjadi 40 hingga 50%, sedangkan jika kedua orang tua yang mengalami obesitas maka anak berpeluang terkena obesitas menjadi 70 hingga 80%.
  • Adanya gangguan hormon, yang bisa saja terjadi karena ketidakseimbangan dari hormon tiroid, kortisol, leptin, glukagon dan insulin.
  • Jam tidur malam lebih sedikit, sebab ini bisa menyebabkan tubuh membakar kalori lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang tidur cukup.
  • Pola makan yang tak sehat, seperti mengonsumsi makanan mengandung kalori tinggi contohnya kentang goreng.

Dengan mengalami obesitas, maka tubuh lebih berisiko terkena penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, sleep apnea atau gangguan tidur yang bisa membuat seseorang berhenti bernafas sementara waktu dan osteoarthritis atau penyakit radang sendi.

Pencegahan  Obesitas

Sama pentingnya dengan kita ketahui penyebab obesitas, kita juga perlu mengetahui pencegahan obesitas yang tak lain adalah dengan cara berikut:

  • Berolahraga setiap hari dengan aktif guna menjaga metabolisme tubuh.
  • Berhenti makan sebelum kenyang.
  • Tidak mengonsumsi makanan ringan, namun perbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran ataupun buah-buahan.
  • Kurangi makan makanan yang manis.
  • Menjaga pola makan sehat sehari-hari.

Selain itu kita juga bisa menambah asupan gizi yang diperlukan tubuh namun tidak membuat badan gemuk seperti dengan meminum susu Anlene Actifit yang tak hanya untuk melindungi kesehatan tulang tapi juga mendukung penerapan pola hidup sehat yang akan kamu jalani dan mengurangi risiko terkena obesitas.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan mengenai gejala obesitas yang jarang disadari. Semoga dengan ini kita bisa lebih menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari gangguan obesitas atau penyakit lainnya.

You May Also Like