Cara Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Cara Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Diposting pada

Bhataramedia.comCara Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak – Mengalami sakit gigi tentunya sangat mengganggu aktivitas yang mana biasanya ditandai dengan rasa nyeri hingga gusi bengkak. Meski saat ini sudah banyak obat sakit gigi yang bisa kita temukan di apotik, namun ada baiknya terlebih dahulu kita menggunakan cara dan bahan alami seperti yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Sebelumnya kita harus mengetahui penyebab sakit gigi dan gusi bengkak agar bisa lebih memahaminya. Sakit gigi sendiri merupakan peradangan yang ada di sekitar gigi dan rahang yang biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya bakteri, gigi patah atau retak, Gingivitis atau peradangan gusi, Bruxism atau menggeretakkan gigi hingga infeksi pada gigi.

Selain itu, sakit gigi juga bisa dipicu oleh hal – hal yang sering kali tidak kita sadari. Seperti membersihkan gigi dengan benang, mengigit sesuatu yang keras, adanya sesuatu yang mengganjal diantara gigi hingga penggunaan kawat gigi.

Dengan semua penyebab tersebut, gigi kita pun menjadi lebih sensitif terhadap makanan manis atapun bersuhu panas dan dingin. Sehingga penting untuk lebih cermat dalam memilih makanan dan minuman agar tidak memperparah sakit gigi dan gusi bengkak tersebut. Bahkan sakit gigi dan gusi bengkak pun menjadi penyebab bau mulut mereka yang sedang menderitanya.

Cara Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Mengobati Sakit Gigi dan Gusi
Mengobati Sakit Gigi dan Gusi

Setelah mengetahui penyebabnya maka kita bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak.

1. Kompres dengan Es

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kompres es. Kamu bisa membungkus es dalam handuk dan tempelkan ke bagian yang sakit atau membengkak, biasanya pada area pipi atau rahang. Kompres selama 15 hingga 20 menit untuk meringankan rasa sakit dan setelah kondisi membaik maka segeralah ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan lanjut. Untuk kondisi bengkak biasanya terjadi karena adanya luka, kantung nanah atau masalah pada akar sehingga memang harus melakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar tidak menimbulkan infeksi serius.

2. Berkumur dengan Air Garam

Kamu juga bisa berkumur dengan air garam untuk mengobati sakit gigi dalam kondisi darurat yang banyak diterapkan orang saat berada di rumah. Hal ini disebabkan karena air garam merupakan bahan anti bakteri dan disinfektan alami yang bisa mengurangi reaksi radang serta membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Cukup dengan larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air boleh biasa atau hangat, lalu kumur – kumur menggunakan larutan tersebut.

3. Gunakan Minyak Cengkeh

Cara lainnya adalah dengan menggunakan minyak cengkeh yang mengandung senyawa eugenol dan terbukti ampuh dalam mengobati sakit gigi. Eugenol yang merupakan antiseptik alami ini mampu menekan risiko peradangan saat adanya gangguan dalam rongga mulut. Cukup teteskan minyak cengkeh pada kapas, lalu sentuhkan pada bagian yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam seminggu sampai rasa sakitnya berkurang. Kamu juga bisa melarutkan minyak cengkeh ke dalam segelas air dan berkumur – kumur menggunakan larutan tersebut.

4. Oleskan Lidah Buaya

Tidak hanya mampu menyembuhkan luka, gel lidah buaya juga ampuh dalam mengobati sakit gigi secara alami sebab lidah buaya memiliki efek anti bakteri alami yang bisa membunuh bakteri penyebab gigi rusak. Aplikasikan gel lidah buaya langsung pada gigi yang sakit dan pijak secara perlahan hingga rasa sakitnya berkurang. Setelah itu barulah ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kesimpulan

Mengalami sakit gigi dan gusi bengkak tentu sangat mengganggu aktivitas dan bisa merusak suasana hati. Dengan mengetahui penyebabnya tentu kita bisa mengantisipasi dan menghindari agar tidak terjadi kembali. Namun apabila sudah terlanjur sakit maka bisa menggunakan cara mengobatinya seperti yang telah kita ulas pada postingan kali ini.

Sekian ulasan kita untuk kali ini, semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan gigi agar tidak merasakan sakit ataupun gusi bengkak yang tentunya kamu pun tidak mau, bukan?

Referensi:

  • gusi bengkak karang gigi