Dr. Browns Option Plus, Botol Susu Anti Kolik untuk Si Kecil

Dr. Browns Option Plus, Botol Susu Anti Kolik untuk Si Kecil

Bhataramedia.com – Memilih botol susu memang tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat mengakibatkan kolik. Kolik ini bisa menyebabkan bayi menangis dan rewel karena ia menghirup udara dalam botol susu cukup banyak. Untungnya, ada botol susu Dr Browns Option Plus yang bisa menjadi solusi.

Dr Browns adalah salah satu merek botol susu bayi yang menggunakan anti colic advanced system. Nah, salah satu model dari merek ini adalah Option+ yang merupakan model terbaru untuk memperbaiki model sebelumnya dari tipe Options.

Apa Itu Anti Colic Advanced System?

Saat si kecil minum menggunakan botol susu, ruangan hampa udara di dalam botol tersebut akan tercipta. Udara tersebut bisa masuk ke dalam tubuh atau perut si kecil dan sering kali menjadikannya mengalami kolik.

Jika Moms membeli botol susu bayi di pasaran, memang hampir seluruhnya memiliki anti colic system, namun tidak semuanya mekanismenya berjalan. Dengan begitu, masih ada kemungkinan botol susu yang dibeli menimbulkan kolik pada si kecil saat minum susu.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh University of Nevada-Reno mengenai produk botol susu bayi, ditemukan fakta bahwa botol bayi dapat menyebabkan turunnya tiga nutrisi penting untuk bayi, yakni vitamin A, C, dan E.

Penurunan ini terjadi setelah 20 menit pemberian susu dengan botol. Untuk itu, mereka meneliti lebih lanjut mengenai jumlah udara dalam botol bayi dan pengaruh botol susu bayi dengan berkurangnya vitamin dan nutrisi dalam susu.

Botol susu dari Dr. Browns merupakan salah satu merek botol susu yang mekanisme anti colic system-nya berjalan dengan efektif. Hal ini karena mekanisme tersebut berbeda dengan beberapa merek botol susu yang lainnya, namun ada juga yang sama.

Mekanisme tersebut mengalirkan udara secara terpisah, yakni melalui ventilasi yang ada di bagian tengah botol susu. Dengan adanya mekanisme aliran udara yang terpisah ini, pertukaran udara pada saat bayi menyusu tidak tercampur dengan sufor atau ASIP.

Oleh sebab itu, nantinya nutrisi di dalam minuman akan tetap terjaga. Anti colic advanced system Dr. Browns ini bisa menjaga vitamin dan nutrisi yang biasanya dapat larut ketika aliran udara saat bayi menyusu tercampur.

Botol Susu Dr Browns Option Plus

Salah satu model botol susu yang telah dilengkapi dengan anti colic advanced system ialah Dr. Browns Option+. Botol susu model ini didesain sedemikian rupa dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bayi sesuai dengan usia tumbuhnya.

Selain itu, menggunakan botol Option+ Dr. Browns juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi si kecil. Ini karena adanya Internal Vent System yang bisa Moms lepas atau tetap memasangnya pada botol susu.

Ventilasi tersebut bisa digunakan saat si kecil memang sering mengalami kolik atau sering menangis saat atau setelah minum susu dari botol. Namun, penggunaan ventilasi ini juga bisa dicopot, terutama saat si kecil bertambah dan kolik sudah jarang terjadi.

Hal ini karena organ pencernaan bayi akan semakin sempurna seiring pertumbuhannya, sehingga kondisi kolik bisa berkurang. Menggunakan botol tanpa ventilasi ini juga bisa memudahkan Moms saat mencucinya.

Untuk materialnya, botol susu Dr Browns Option Plus menggunakan tiga pilihan yang bisa dipilih, yakni plastik PESU, plastik PP, dan bahan glass atau kaca.

Memilih botol susu untuk si kecil juga harus disesuaikan dengan kenyamanan mereka ya, Moms. Untuk itu, Dr. Browns menyediakan dua pilihan ukuran leher botol susu Option+, standard neck bottle dan wide neck bottle.

Standard neck bottle bisa dipilih jika si kecil lebih nyaman atau menyukai jenis botol dengan leher yang langsing atau berleher lurus. Sedangkan jika si kecil lebih nyaman atau menyukai jenis botol yang menggelembung atau gendut, bisa memilih tipe wide neck bottle.

Spesialisasi dan Fitur Dr. Browns Option+

1.     Spesialisasi Botol Susu Option+

Selain memiliki keunggulan dari segi sistem anti koliknya, botol susu dari Dr. Browns juga memiliki keunggulan lainnya, terutama spesialisasinya yang berbeda dengan botol susu merek yang lainnya.

Adapun fitur-fitur yang terdapat pada botol susu Option+ tidak jauh beda dengan model Options sebelumnya, yakni:

  • Mengurangi kolik pada bayi saat atau setelah minum susu
  • Mempertahankan kandungan vitamin dan nutrisi pada susu maupun ASI
  • Menurunkan risiko bayi mengalami kebingungan dengan puting susu
  • Meningkatkan kualitas tidur bayi

2.     Fitur Botol Susu Option+

Fitur yang ada pada botol susu Option+ membuat kualitas menyusu pada bayi semakin meningkat dibandingkan dengan botol susu biasa. Adapun beberapa fitur yang dimiliki oleh Option+ dari Dr. Browns ini di antaranya:

  • Semua bahan pembuat botol sudah BPA-free
  • Internal Vent System yang bisa dipasang atau dilepas sesuai kebutuhan
  • Tutup botol yang dirancang agar lebih mudah saat dibuka
  • Medical grade silicone nipple level 1 yang bisa digunakan untuk bayi usia 0 – 3 bulan
  • Travel disk yang dapat digunakan untuk mencegah cairan keluar dari puting saat dibawa bepergian
  • Tersedia dalam berbagai macam ukuran, yakni 250 ml, 120 ml, dan 60 ml
  • Dilengkapi dengan 1 buah cleaning brush per pack

Perbedaan Option+ dengan Model Options

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, model botol susu Dr Browns Option Plus merupakan upgrade dari model Options. Kedua model botol ini memang tampak sama secara sekilas, namun tentunya memiliki beberapa perbedaan.

1.     Leher Botol

Pada leher botol yang dimiliki oleh Dr. Browns Option+ terdapat aksen garis-garis vertikal. Sedangkan untuk botol Options tidak terdapat aksen garis-garis pada lehernya.

2.     Bentuk Internal Vent System

Internal Vent System yang terdapat pada botol susu Dr. Browns Option+ bentuknya lebih tebal dibandingkan model Options. Tak hanya itu, Internal Vent System Dr. Browns Option+ juga lebih tahan panas, sehingga sangat awet dan tidak mudah rusak saat proses sterilisasi botol susu.

3.     Cara Kerja Lebih Maksimal

Adanya penyempurnaan inovasi botol susu dari model Options, cara kerja Internal Vent System Dr. Browns Option+ lebih maksimal. Selain itu, ventilasi ini juga bisa dilepas ketika si kecil sudah dapat mengatur ritme saat minum susu, yakni sekitar usia 6 bulan ke atas.

4.     Tutup Botol Lebih Mudah Dibuka

Satu lagi perbedaan Dr. Brown Option+ dibandingkan Dr. Brown Options ada pada tutup botolnya. Dr. Browns Option+ memiliki tutup botol yang lebih mudah dibuka dibandingkan model sebelumnya. Dengan begitu, Moms bisa lebih mudah membuka botol hanya dengan lekukan jempol.

Selain itu, model tutup botol Dr. Browns Option+ juga memungkinkan Moms bisa membuka tutup botol hanya dengan satu tangan saja.

Proses pemberian nutrisi pada si kecil bisa menjadi lebih mudah dan aman dengan memakai botol susu Dr Browns Option Plus. Jangan salah memilih botol susu karena momen menyusui si kecil merupakan langkah awal memberikan vitamin dan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembangnya.

You May Also Like