Tips Mengatasi Insomnia

Tips Mengatasi Insomnia

Bhataramedia.comTips Mengatasi Insomnia – Memiliki gangguan insomnia tentunya sangat mengganggu dan dapat mengurangi produktivitas kita. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki gangguan insomnia, ada baiknya mencoba beberapa tips berikut ini agar dapat tidur lebih mudah dan berkualitas. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengenai Insomnia

Insomnia merupakan kondisi seseorang saat mengalami gangguan tidur yang menyebabkan orang tersebut sulit tidur. Insomnia bisa berlangsung dalam jangka pendek atau akut dan bisa juga berlangsung lama atau kronis. Untuk insomnia akut dapat berlangsung dalam satu malam hingga beberapa minggu saja, sedangkan yang dikatakan kronis apabila berlangsung minimal tiga malam dalam seminggu atau bahkan selama tiga bulan hingga lebih. Insomnia memiliki gejala seperti kelelahan, mengalami kantuk saat siang hari, memiliki masalah konsentrasi atau memori.

Jenis Insomnia

Insomnia terbagi menjadi dua jenis yakni,

  • Primer, gangguan tidur yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan lain.
  • Sekunder, gangguan tidur karena adanya masalah kesehatan seperti asma, depresi, mulas, kanker dan artristis. Dan bisa juga karena penggunaan obat atau zat – zat tertentu.

Penyebab Insomnia

Penyebab insomnia didasarkan pada jenisnya, misalnya untuk insomnia primer disebabkan oleh stres atas peristiwa yang terjadi, atau bisa juga karena kebisingan, suhu udara, cahaya. Perubahan jadwal tidur, shift baru ditempat kerja dan kebiasaan buruk lainnya juga bisa menjadi penyebab insomnia primer ini.

Sedangkan untuk insomnia sekunder biasanya penyebabnya terletak pada masalah kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi. Namun bisa juga karena penggunaan obat – obat tertentu, tekanan darah tinggi, alergi hingga asma.

Tips Mengatasi Insomnia

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan saat mengalami insomnia, seperti:

  • Usahakan tidur malam pada waktu yang sama dan bangun pagi pun pada waktu yang sama.
  • Menjelang tidur, jangan gunakan ponsel karena cahaya dari layar akan menyulitkan kamu untuk tidur.
  • Hindari kafein, alkohol dan nikotin saat siang hari karena stimulan yang terkandung didalam kafein dan nikotin akan membuat kamu sulit tidur, sedangkan alkohol akan merusak kualitas tidur kamu.
  • Jangan tidur siang, karena bisa membuat kamu sulit mengantuk pada malam hari.
  • Olahraga dengan teratur juga dapat membantu kamu untuk mengatasi insomnia.
  • Hindari makanan berat pada sore hari, namun konsumsi cemilan ringan sebelum tidur bisa membantu kamu cepat tidur.
  • Jika masih tidak bisa tidur, coba lakukan sesuatu yang bisa menenangkan pikiran seperti membaca hingga mengantuk.

Demikian ulasan mengenai tips mengatasi insomnia yang bisa kamu coba lakukan. Semoga dengan ini, kamu yang memiliki gangguan insomnia bisa mengatasinya dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas  Selamat mencoba.

You May Also Like