Ingin Cepat Haid dengan Mudah ? Coba 5 Tips Ini !

menstruasi, nyeri haid
menstruasi, nyeri haid
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Untuk para perempuan puber di usia 11 hingga 13 tahun merupakan masa-masa dimana menunggu datangnya haid pertama. Namun ada sebagian perempuan yang telah memasuki masa puber tetapi ternyata belum kunjung mendapatkan haid pertama. Tips agar cepat haid bisa Anda simak khususnya bagi para perempuan pada masa pubertas yang belum mendapatkan haid pertamanya.

Tips-tips ini tidak melibatkan obat-obatan yang mampu mempercepat haid melainkan hanya tips-tips yang bisa dilakukan dengan mudah karena hubungannya dengan pola makan serta pola hidup saja. Namun bagi Anda yang mungkin sudah pernah mendapatkan haid pertama dan sudah tidak berada di masa pubertas tetapi tidak mengalami haid lagi dalam waktu yang lama, jangan lantas berpikir bahwa Anda hamil. Mungkin saja memang siklus haid Anda sedang berubah karena pengaruh hormon dalam tubuh. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk meninjau lebih jauh apa penyebab siklus haid yang tidak lancar.

Berikut ini adalah tips agar cepat haid yang bisa Anda praktekkan, yaitu :

1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi tentu saja sangat berperan penting untuk melancarkan haid apalagi untuk perempuan pada masa pubertasnya. Makanan-makanan bergizi jenis buah yang baik dikonsumsi adalah buah pepaya, buah jeruk, buah mangga, buah jambu. Sedangkan untuk jenis sayuran bisa mengkonsumsi seledri lalu untuk minuman bisa mengkonsumsi wedang jahe untuk mempercepat haid.

2. Olahraga ringan secara teratur

Pilihlah olahraga ringan setiap harinya sebagai cara untuk cepat haid dengan mudah. Olahraga yang teratur akan memicu peredaran darah yang lancar sehingga diharapkan haid akan cepat datang. Tips agar cepat haid dalam berolahraga janganlah memilih jenis olahraga yang terlalu berat karena olahraga terlalu berat malahan beresiko membuat perempuan telat mendapatkan haid. Tidak hanya dalam berolahraga, dalam kehidupan sehari-hari terlalu sering mengangkat barang berat juga tidak bagus.

3. Pengobatan tradisional

Pengobatan tradisional seperti konsumsi jamu tradisional juga bisa membantu mempercepat haid. Namun tentu saja Anda harus memastikan jika jamu tradisional yang Anda konsumsi bebas dari bahan kimia atau pengawet berbahaya.

4. Perbanyak minum air putih

Salah satu kebiasaan yang sering dilupakan orang-orang setiap harinya adalah banyak-banyak minum air putih. Terkadang saking sibuknya banyak yang lupa untuk minum air putih terlebih jika banyak godaan minuman lainnya yang lebih menarik sehingga minum air putih pun jadi sangat jarang.

Perbanyaklah minum air putih khsuusnya bagi perempuan yang ingin cepat hamil karena apabila mengalami dehidrasi maka periode datangnya haid akan semakin lama.

5. Perbanyak istirahat

Kurangnya istirahat sehingga tubuh mengalami penurunan tenaga dan berdampak juga pada psikis hingga menyebabkan stress akan membuat para perempuan susah mendapatkan haid. Maka dari itu perbanyak istirahat dan hindari hal-hal yang membuat stress agar tubuh Anda rilkes serta peredaran darah berjalan lancar sehingga haid bisa datang lebih cepat dan lancar.

Tips-tips diatas bisa Anda praktekkan langsung pada kegiatan sehari-hari. Bila Anda merasa tips tersebut belum bekerja pada diri Anda, maka Anda bisa segera berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui gangguan apa yang terjadi pada tubuh Anda sehingga Anda bisa menanganinya dengan lebih tepat. Tetapi jika Anda yakin terhadap tips agar cepat haid diatas, maka yang perlu Anda lakukan adalah melaksanakan tips-tips diatas dengan konsisten.

You May Also Like