Daging Olahan Dapat Sebabkan Kanker

daging olahan, daging merah, sosis
daging olahan, daging merah, sosis
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – International Agency for Research on Cancer (IARC), badan kanker WHO, telah mengevaluasi karsinogenisitas dari konsumsi daging merah dan daging olahan.

Daging merah

Setelah benar-benar meninjau akumulasi literatur ilmiah, kelompok kerja yang terdiri dari 22 ahli dari 10 negara yang diselenggarakan oleh IARC Monographs Programme, mengklasifikasikan konsumsi daging merah yang mungkin sebagai karsinogenik bagi manusia (Group 2A), berdasarkan bukti-bukti yang terbatas bahwa konsumsi daging merah penyebab kanker pada manusia dan bukti kuat yang mendukung efek karsinogenik.

Asosiasi ini diamati terutama untuk kanker kolorektal, tetapi asosiasi juga terlihat untuk kanker pankreas dan kanker prostat.

Daging olahan

Daging olahan diklasifikasikan sebagai karsinogenik bagi manusia (Grup 1), berdasarkan bukti yang cukup pada manusia bahwa konsumsi daging olahan menyebabkan kanker kolorektal.

Konsumsi daging dan dampaknya

Konsumsi daging sangat bervariasi antar negara, dari beberapa persen hingga beberapa 100% orang yang makan daging merah, tergantung pada negara dan proporsi  yang sedikit lebih rendah untuk daging olahan.

Para ahli menyimpulkan bahwa setiap bagian 50 gram daging olahan yang dimakan setiap hari meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 18%.

“Bagi individu, risiko mengembangkan kanker kolorektal karena konsumsi daging olahan tetap kecil, tetapi risiko ini meningkat dengan jumlah daging yang dikonsumsi,” kata Dr. Kurt Straif, kepala program monograf IARC. “Mengingat sejumlah besar orang mengkonsumsi daging olahan, dampak global terhadap kejadian kanker adalah isu kesehatan masyarakat yang penting.”

Kelompok kerja IARC melihat lebih dari 800 studi yang menyelidiki asosiasi lebih dari selusin jenis kanker dengan konsumsi daging merah atau daging olahan di banyak negara dan populasi dengan diet beragam. Bukti paling berpengaruh berasal dari penelitian kohort prospektif besar yang dilakukan selama 20 tahun terakhir.

Kesehatan masyarakat

“Temuan ini lebih mendukung rekomendasi kesehatan masyarakat saat ini untuk membatasi asupan daging. Pada saat yang sama, daging merah memiliki nilai gizi. Oleh karena itu, hasil ini penting dalam memungkinkan pemerintah dan badan pengatur internasional untuk melakukan penilaian risiko, dalam rangka untuk menyeimbangkan risiko dan manfaat dari makan daging merah dan daging olahan, serta memberikan rekomendasi diet yang terbaik,” kata Dr. Christopher Liar, Direktur IARC, seperti dilansir World Health Organization (27/10/2015).

You May Also Like