Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil Muda

ibu hamil, kehamilan
ibu hamil, kehamilan
Ilustrasi, ibu hamil.

Bhataramedia.com – Keguguran merupakan hal yang menakutkan bagi setiap wanita yang tengah hamil. Keguguran dapat disebabkan oleh berbagai sebab, namun faktor kesehatanlah yang sering kali menjadi penyebab seorang ibu hamil mengalami keguguran. Misalnya saja karena ibu hamil terlalu sibuk bekerja walaupun tengah hamil dan lupa memperhatikan kondisi kandungannya. Keguguran pun tanpa terduga terjadi, impian untuk segera menimang seorang bayi pun menjadi pudar.

Memang seorang wanita yang sudah mengalami keguguran bisa hamil lagi. Namun rasa trauma bahkan stress yang ditimbulkan akibat peristiwa keguguran tersebut terus menghantui. Oleh karena itu, saat tengah hamil terutama hamil muda wanita perlu ekstra dalam menjaga kesehatannya. Berikut ini tips-tipsnya :

1. Asupan Makanan

Ibu hamil memang diharuskan mengkonsumsi makanan yang sehat, terutama makanan sehat yang mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Jadi tak hanya menyehatkan tubuh ibu hamil, tapi makanan yang sehat pun berdampak baik bagi kesehatan kandungan. Namun, tak semua makanan sehat itu baik itu ibu hamil. Ada beberapa makanan seperti buah nanas yang walaupun mengandung banyak vitamin tapi sebaiknya tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain ada kandungan vitamin, buah nanas juga mengandung zat yang dapat melemahkan kandungan. Jika kandungan melemah, maka ibu hamil akan sangat rentan mengalami keguguran.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan jenis minuman yang dikonsumsi. Banyak mengkonsumsi air putih dan minuman yang terbuat dari buah-buahan yang segar sangat disarankan. Hindari minuman bersoda dan beralkohol yang sangat tidak baik bagi kesehatan kandungan.

2. Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang tidak sehat dapat berakibat buruk pada kesehatan kandungan. Misalnya saja menghisap rokok saat hamil akan berdampak buruk pada kesehatan janin. Hindari pula penggunaan obat-obatan yang berdampak buruk pada kesehatan janin dalam kandungan. Selain itu, pakaian pun perlu diperhatikan saat hamil. Jika sebelum hamil terbiasa memakai pakaian ketat, maka setelah hamil sebaiknya ganti jenis pakaian dengan pakaian yang tidak terlalu ketat, longgar, dan nyaman. Misalnya saja dengan memakai baju khusus ibu hamil.

3. Waktu Istirahat Ekstra

Ibu hamil membutuhkan banyak istirahat, hal ini demi kesehatan kandungan. Bila ibu hamil terlalu banyak beraktivitas bisa berdampak buruk bagi kandungannya sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya mengurangi aktivitas yang dapat melelahkan tubuh. Namun bila terpaksa harus bekerja ketika hamil sebaiknya menghindari aktivitas atau kegiatan yang berat dan menguras energi. Segera mengajukan cuti bila usia kandungan sudah bertambah besar.

4. Olahraga

Ibu hamil dapat mengikuti kegiatan senam hamil sebagai alternatif pilihan berolahraga bagi ibu hamil. Senam hamil ini memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan ada senam hamil yang bermanfaat untuk memudahkan proses kelahiran secara normal. Jadi jangan malas untuk melakukan senam hamil. Bergabunglah dengan klub senam hamil agar kegiatan senam hamil lebih menyenangkan.

You May Also Like