Berbagai Macam Keunggulan dan Kelebihan ASI

asi, menyusui
asi, menyusui
ASI.

Bhataramedia.com – ASI atau air susu ibu adalah air susu yang secara alami keluar dari payudara sang ibu setelah bayi lahir. Air susu ibu diproduksi karena adanya hormon prolaktin juga oksitoson pada saat bayi lahir. ASI, berperan penting pada perkembangan gizi bayi yang baru saja lahir. beberapa hal yang bisa mempengaruhi produksi asi yaitu makanan yang baik, keadaan jiwa serta pikiran, psikologi ibu, lamanya istirahat serta frekuensi menyusui sang bayi.

ASI sendiri mempunyai kelebihan yang susah untuk digantikan dengan, seperti susu formula dalam kemasan. Beberapa kelebihan ASI yang tidak dimiliki oleh susu kemasan yaitu  kandungan gizi yang ada di dalamnya. Dalam ASI terdapat laktosa sebanyak 7 persen yang mempengaruhi pada perkembangan otak anak. Sedangkan pada susu formula hanya sebanyak 4,8 persen. Protein di dalam ASI sebanyak 0,9 persen dan pada susu formula mempunyai persentase yang lebih tinggi sebanyak 3,4. Hal yang tidak dimiliki oleh susu formula yaitu zat imun untuk bayi ketika pertama kali ASI diberikan kepada sang bayi. Zat atau senyawa ini dinamakan immunoglobulin igA yang bisa meningkatkan daya tahan sang bayi dari berbagai penyakit yang mungkin menyerangnya. Sedangkan susu formula yang di ambil dari susu sapi tidak mempunyai senyawa alami untuk imun tersebut. Selain itu, ASI memang mempunyai lemak yang lebih tinggi yang bisa diserap 90 % oleh sang bayi, sedangkan susu formula tidak. Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada enzim yang tidak dimiliki oleh susu formula tetapi dimiliki oleh ASI dengan AA dan DHA yang terkandung pada ASI.

ASI umumnya tidak pernah bermasalah terhadap sistem pencernaan atau sensitifitas anak. Wajarlah, karena ASI diproduksi secara alami dan sudah teruji menjadi susu terbaik yang bisa beradaptasi dengan sistem pencernaan bayi yang baru saja lahir. Jarang sekali anak yang mengalami alergi atau ketidakcocokan terhadap ASI berbeda halnya dengan susu formula yang terkadang ada saja anak yang sensitif atau alergi terhadap beberapa produk susu formula. Beberapa perbedaan lain yang lebih terasa yaitu efesiensi keuangan. ASI tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membelinya, karena ASI akan diproduksi secara otomatis setelah melahirkan sang bayi.

Meskipun terdapat banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh ASI, tetapi beberapa ibu ada yang tidak bisa memberikan ASI-nya kepada sang bayi. Cara terakhir untuk menggantikannya yaitu dengan susu formula. Akan tetapi untuk pertama kali menyusui, usahakanlah diberikan ASI karena terdapat kolostrum yang pasti akan keluar sekalipun ASI tidak keluar. Kolostrum ini akan berfungsi sebagai perlindungan saluran pencernaan bayi dari benda-benda asing yang masuk. Jadi, jika bisa memberikan yang terbaik, maka berikanlah hal yang terbaik untuk bayi terbaik kita.

You May Also Like