Cara Mengetahui Berat Badan Ideal untuk Bayi

bayi
bayi
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Setiap orangtua pasti menginginkan mempunyai anak dengan kondisi berat serta tinggi yang ideal. Bayi yang baru lahir atau selama satu tahun, biasanya menjadi kondisi yang sangat diperhatikan oleh sang ibu dari setiap perkembangannya. Dimulai dari memperhatikan berat badan idealnya. Pada dasarnya, berat badan seorang bayi dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Seperti gen dari kedua orangtua, dan asupan gizi pada saat di dalam kandungan dan setelah melahirkan. Gen menjadi faktor utama terbentuknya kondisi sang bayi dengan fostur tubuh tinggi atau kecil, mempunyai berat badan yang berat atau tidak. Di wilayah Asia sendiri, secara garis besar gen orangtua berada pada kondisi fostur sedang. Kebanyakan orang Asia memiliki tinggi badan tidak terlalu tinggi dan berat badan yang tidak terlalu berat.

Jika diukur secara ideal, departemen kesehatan indonesia telah memberikan grade bobot ideal untuk seorang bayi selama 1 tahun. Bayi pada usia 0-3 bulan memiliki berat badan ideal 3,4 kg sampai 5,7 kg untuk tinggi ideal 40,5 sampai 60 cm. Pada bayi dengan usia 4 sampai 6 bulan, memiliki berat badan ideal 6,3-7,4 pada tinggi badan ideal 62,5 sampai 66 cm. Berat badan 8 sampai 9 kg idealnya untuk bayi dengan usia 7-9 bulan. Dan usia 10 sampai 12 bulan berat badan bisa mencapai 9,3 sampai 9,9 kg pada tinggi ideal 74 sampai 74,5 cm.

Selain dari perhitungan ideal departemen kesehatan indonesia, ada pula perhitungan ideal fostur tubuh menurut WHO. Untuk anak yang berada di bawah satu tahun, berat badan ideal bisa dihitung dengan cara (n{usia balita}:2) + 4. Tetapi untuk anak dengan usia 1 sampai dengan 10 tahun (2 x n + 8).

Berikut ini adalah contoh perhitungan berat badan untuk bayi :

  • Jika usia anak berada pada usia 1 tahun 10 bulan maka n = 1,10.

Kemudian x 2 menjadi 2,20. Sebelum di tambahkan, konversikan dulu 20 puluh bulan menjadi tahun. Yaitu 20 bulan = 1 tahun 8 bulan. Setelah itu tambahkan 1 tahun 8 bulan + 2 tahun = 3,8.

Barulah setelahnya masukan 3,8 + 8  dan di dapat hasil 11,3 kg.

Jika ibu ingin melakukan melihat berat badan ideal sang bayi tanpa menghitung, hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan perkiraan tinggi badan serta lingkar kepala sang bayi. Jika lingkar kepala sang bayi nampak kecil, kemungkinan besar ada ketidakwajaran serta penyakit pada pertumbuhan sang bayi.

Hal yang paling penting dalam menjaga berat badan ideal bayi yaitu menjaga masukan gizi untuk sang bayi. Seperti energi, protein, kalsium serta zat besi yang cukup. Sehingga bayi akan senantiasa sehat dan mengalami perkembangan yang baik.

You May Also Like