Obat-Obatan Tradisional untuk Asma

Asma
Asma
Ilustrasi, asma.

Bhataramedia.com – Asma adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi pada saluran pernafasan manusia. Ada berbagai penyebab seseorang menderita asma. Seseorang yang memiliki masalah pada saluran pernafasannya rentan sekali mengalami penyakit asam. Misalnya saja jika tengah mengalami ketakutan atau stress, mereka akan mengalami asam. Obat asma semprot memang banyak tersedia di apotek namun penggunaan obat ini yang terlalu sering dapat memparah kondisi asam dan membuat penggunanya ketergantungan. Sebaiknya obat asma semprot ini digunakan pada keadaan darurat saja, dan pengobatan alami lebih banyak dilakukan. Seperti obat-obatan tradisional dan alami untuk mengobati asma berikut ini.

1. Bawang Putih

Asma dapat diatasi dengan obat tradisional yang terbuat dari bawang putih. Cukup sediakan bawang putih secukupnya. Kupas dan cuci terlebih dahulu bawang putih tersebut. Kemudian potonglah dalam ukuran yang kecil. Potongan bawang putih lalu direbus dalam satu gelas air mendidih. Tambahkan sedikit madu ke dalam rebusan air bawang putih. Madu yang ditambahkan tersebut akan membuat rasa ramuan bawang putih ini lebih enak untuk dikonsumsi. Tunggu sampai volume air berkurang, setelah itu barulah kompor dimatikan. Rebusan air bawang putih ini dapat dikonsumsi dua kali dalam sehari.

2. Pare

Rasa pahit yang menonjol dari buah pare ternyata menyimpan banyak khasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit asma. Dibutuhkan tiga buah buah pare berukuran besar yang telah dibuang bijinya dan dicuci bersih. Kemudian buah pare tersebut dipotong-potong terlebih dahulu. Setelahnya, haluskan buah pare bisa dengan cara ditumbuk maupun dengan menggunakan blender. Buah pare yang telah dihaluskan lalu diambil sarinya dengan cara diperas. Perasan air dari buah pare tersebut dapat ditambahkan madu agar rasa pahitnya berkurang. Konsumsilah obat tradisional dari buah pare ini setiap hari agar lebih efektif dalam pengobatan penyakit asma yang diderita.

3. Daun Seledri

Selama ini daun seledri terkenal akan khasiatnya dalam mempercepat pertumbuhan rambut. Namun selain itu, ternyata daun seledri dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asma. Sediakanlah daun seledri sebanyak mungkin, lalu bersihkan daun seledri dan potong dalam ukuran yang lebih kecil. Kemudian rebuslah dalam dua gelas air mendidih. Tunggu sampai warna air berubah warna dan telah berkurang. Setelah itu barulah air rebusan daun seledri di angkat dan didinginkan. Ramuan alami untuk mengobati asam pun telah siap untuk dikonsumsi.

You May Also Like