Ingin Memilih Bak Mandi Bayi ? Simak Tips Ini

Baby Bather.
Baby Bather.
Baby Bather.

Bhataramedia.com – Bayi tentu memerlukan tempat mandi yang khusus untuk dirinya sendiri yakni sebuah bak mandi. Memandikan bayi dalam bak mandi yang digunakan untuk orang dewasa akan membahayakan keselamatan bayi Bunda. Oleh karena itu, Bunda harus mempunyai bak mandi yang khusus untuk bayi dan Bunda pun harus pandai dalam memilih bak mandi yang tepat untuk bayi mungil kesayangan Bunda.

Berikut ini tips yang akan memandu Bunda dalam memilih bak mandi yang ideal untuk digunakan saat memandikan bayi Bunda.

Perhatikan Ukuran Bak Mandi

Besar atau kecilnya bak mandi yang akan Bunda pilih sebaiknya disesuaikan dengan ukuran tubuh buah hati Bunda. Bak mandi yang terlalu besar tentu tidak akan aman untuk bayi Bunda. Hal ini karena bak mandi yang ukurannya terlalu besar terlalu beresiko bagi keselamatan bayi saat dimandikan. Salah satu resikonya dapat membuat bayi tenggelam kalau Bunda tidak berhati-hati dalam memandikannya. Bahaya sekali kan Bunda?
Sebaliknya, bak mandi yang terlalu kecil pun tidak bagus untuk bayi. Hal ini karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman saat dimandikan dan Bunda pun akan turut merasa tidak nyaman ketika memandikan bayi Bunda. Gerak-gerik Bunda menjadi terbatas saat memandikannya karena ukuran bak mandi yang terlalu kecil.

Bahan Bak Mandi

Bak mandi pada umumnya terbuat dari bahan plastik. Beragamnya jenis plastik yang digunakan, membuat Bunda harus lebih selektif lagi dalam memilih. Tidak semua bahan plastik tersebut aman untuk kesehatan bayi. Banyak sekali bak mandi yang menggunakan bahan plastik yang berbahaya. Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya Bunda memilih bak mandi dari bahan polypropylene plastic saja yang lebih aman bagi kesehatan bayi.

Bak mandi bayi juga harus memiliki lapisan bantalan empuk yang melindungi bayi dari benda keras.

Kualitas Bak Mandi

Bak mandi yang berkualitas ideal adalah yang terbuat dari bahan plastik yang aman, ringan, kuat dan tidak melengkung. Selain itu, pilih juga bak mandi yang permukaannya halus dan tidak terlalu licin.

Bentuk Bak Mandi

Bak mandi untuk bayi memiliki beragama bentuk. Bentuk apa pun tidak menjadi masalah untuk dipilih. Akan tetapi, hindarilah memilih bentuk bak mandi yang memiliki sudut yang tajam.

You May Also Like