Anak Mimisan ? Coba Cara Ini Untuk Mengatasinya

anak bermasalah
mimisan
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Mimisan merupakan suatu keadaan di mana adanya darah yang keluar melalui hidung. Mimisan ini bisa disebabkan karena berbagai hal. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau tengah menderita suatu penyakit. Misalnya saja seseorang yang anak yang tengah sakit demam berdarah biasanya mengalami pendarahan, termasuk juga pendarahan pada hidung atau mimisan. Mimisan yang seperti ini berarti menandakan penyakit demam berdarahnya semakin parah dan harus segera menjalani perawatan dari dokter.

Namun, tidak semua mimisan menandakan adanya penyakit yang serius. Mimisan dapat terjadi akibat terlukanya dinding pada hidung yang mengakibatkan terjadinya pendarahan. Mimisan yang terjadi karena hal tersebut dapat ditangani sendiri dan tidak membutuhkan perawatan serius dari dokter.

Akan tetapi, sebagian besar orang akan merasa panik ketika dirinya mengalami mimisan atau melihat orang lain mimisan. Terutama sekali, apabila mimisan tersebut dialami oleh anak-anak. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat menangani mimisan pada anak-anak.

Jangan Panik

Anak-anak yang mengalami mimisan pada umumnya akan merasa panik, bahkan sering kali mereka menangis histeris. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat mereka tenang terlebih dahulu. Jika mereka sudah tenang, maka proses dalam mengatasi masalah mimisan pada mereka pun akan lebih mudah untuk dilakukan.

Hentikan Pendarahan

Langkah berikutnya yakni menghentikan darah yang mengalir dari hidung anak-anak. Caranya yakni dengan memposisikan tubuh mereka dalam posisi duduk dengan kepala yang tega dan tidak menunduk. Ambil daun sirih secukupnya, lalu cuci bersih dan gulungkan daun sirih tersebut dengan ukuran gulungan yang disesuaikan dengan ukuran lubang hidung anak-anak. Kemudian lubang hidung anak-anak disumpal menggunakan gulungan daun sirih tersebut selama lima belas menit.

Mengenali Penyebab Mimisan

Bila keadaan anak-anak telah lebih baik, cobalah ajak mereka berbincang-bincang mengenai penyebab mimisan yang mereka alami. Apakah mimisan tersebut terjadi akibat terjatuh, suhu udara yang dingin, alergi terhadap obat-obatan tertentu, atau karena terlalu keras saat mengorek hidung sehingga dinding hidung mengalami luka?

Selain itu, coba ingat kembali apakah mereka memiliki riwayat suatu penyakit tertentu yang dapat menyebabkan mereka mimisan. Misalnya saja penyakit kelainan darah seperti penyakit kanker darah dan penyakit hemofilia yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami mimisan.
Itulah beberapa langkah yang dapat dipraktekkan saat anak-anak mengalami mimisan. Namun perlu diingat, apabila mimisan yang terjadi tidak normal harus segera mendapatkan perawatan dari dokter.

Misalnya mimisan yang mengeluarkan darah dalam volume yang banyak, berlangsung lebih dari setengah jam, diikuti oleh pendarahan yang terjadi pada bagian tubuh yang lainnya, detak jantung menjadi tidak beraturan, kulit menjadi pucat dan lain sebagainya.

You May Also Like