Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir ?

bayi
bayi
Bayi.

Bhataramedia.com – Ibu hamil yang dalam waktu dekat akan menghadapi proses kelahiran bayinya perlu mempersiapkan diri dengan baik. Kondisi kesehatan ibu hamil harus dipastikan dalam kondisi yang sehat dan bugar. Selain itu, kesiapan mental pun perlu disiapkan untuk menghadapi proses persalinan bayi nantinya. Apalagi jika ini adalah yang pertama, ibu hamil tentu memerlukan dukungan moral dari orang-orang terdekat terutama pasangan agar tidak takut dalam menghadapi proses persalinannya.

Sedangkan untuk persiapan menyambut kedatangan si buah hati, ibu hamil dan suami perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan pada saat proses persalinan nanti. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini.

Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi ini merupakan daftar pertama yang harus dipersiapkan. Hal ini karena bayi yang lahir harus segera dibersihkan dari darah atau pun kotoran lainnya yang melekat pada tubuh bayi dengan cara memandikannya. Perlengkapan mandi ini fungsinya sangat penting, apalagi jika proses persalinan yang dilakukan di dalam rumah sendiri bukan di klinik atau rumah sakit. Adapun perlengkapan mandi yang diperlukan seperti bak mandi bayi, sabun mandi bayi, shampo bayi, minyak telon, bedak, handuk dan lain sebagainya.

Perlengkapan Pakaian

Setelah dimandikan dan bayi pun sudah dalam keadaan bersih maka bayi harus segera dipakaikan pakaian supaya bayi tidak kedinginan. Perlengkapan pakaian bayi seperti baju lengan panjang dan pendek, celana panjang dan pendek, kaos kaki dan kaos tangan, popok kain, kain, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk menjaga bayi tetap hangat perlu disiapkan pula selimut bayi.

Perlengkapan Susu

Setelah dilahirkan idealnya bayi perlu segera disusui supaya tidak merasa lapar dan juga mendapatkan asupan nutrisi sera gizi dari air susu ibu. Akan tetapi, beberapa wanita yang melahirkan mengalami masalah pada ASI-nya yakni asi tidak langsung keluar. Sebagai alternatifnya dipilihlah susu formulasi khusus bayi berusia mulai dari 0 bulan. Karena itu diperlukan perlengkapan susu untuk bayi ini yaitu susu formula, botol susu bayi yang telah disterilkan, air panas untuk menyeduh susu dan lain sebagainya.

You May Also Like