Kentang Kurangi Risiko Kanker Usus Besar

kentang

Bhataramedia.com – Ada kabar gembira bagi penggemar steak dan kentang. Penelitian baru dari Australia telah menemukan bahwa makan kentang dan makanan yang mengandung pati lainnya dengan daging merah, dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar yang diakibatkan oleh konsumsi daging sapi dan produk hewani lainnya.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Flinders di Adelaide ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pati resisten yang ditemukan di dalam akar sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, dapat membalikkan beberapa efek merusak dari daging merah terhadap bahan genetik di dalam sel yang disebut dengan microRNA.

Pati resisten adalah pati dan produk degradasi pati yang tidak dicerna oleh usus kecil pada individu yang sehat. Pati resisten dianggap sebagai jenis serat makanan ketiga, karena dapat memberikan beberapa manfaat dari serat tak larut dan serat yang larut.

“Daging merah dan pati resisten memiliki efek berlawanan pada microRNA yang menyebabkan kanker kolorektal,” kata peneliti Karen Humphreys. “Temuan ini mendukung konsumsi pati resisten sebagai alat untuk mengurangi risiko yang terkait dengan diet tinggi daging merah,” lanjut Karen.

Di dalam penelitian ini, para peneliti mengkaji 23 orang yang secara acak ditugaskan untuk memakan daging merah tanpa disertai dengan pati resiten dan memakan daging merah yang disertai dengan pati resisten, setiap hari selama empat minggu.

Setelah jeda, para peserta kemudian melakukan pergantian diet, sehingga semua orang menghabiskan empat minggu pada setiap jenis diet selama penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa memakan diet tinggi daging merah merubah tingkat microRNA di dalam jaringan dubur. Secara khusus, para ilmuwan menemukan peningkatan microRNA tertentu yang terkait dengan kanker usus besar.

Studi ini dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research.

Kanker usus besar berkembang di sel-sel yang melapisi usus besar dan rektum. Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol, merokok, tidak berolahraga dan banyak mengkonsumsi daging merah merupakan beberapa faktor risiko untuk kanker usus besar.

“Contoh yang baik dari sumber pati resisten alami adalah pisang yang masih agak hijau, kentang, biji-bijian, kacang-kacangan, buncis, dan lentil,” kata Karen.

“Para ilmuwan saat ini juga tengah bekerja untuk mengubah biji-bijian seperti jagung, agar dapat mengandung tingkat pati resisten yang lebih tinggi,” pungkas dia, seperti dilansir Newsmax Health (6/8/2014).

You May Also Like