Palapa Aplikasi Chatting Buatan Indonesia

Palapa Aplikasi Chatting Buatan Indonesia

Bhataramedia.comPalapa Aplikasi Chatting Buatan Indonesia – Berhubung pengguna aplikasi Whatsapp tengah mengalami dilema akibat kebijakan privasi Whatsapp yang rencananya akan segera berlakukan, membuat mereka mencari – cari aplikasi chatting alternatif yang memiliki fitur keamanan seperti Telegram ataupun Signal. Dan terbaru, ada aplikasi chatting terbaru asal Indonesia bernama Palapa. Berikut ulasannya.

Aplikasi Palapa

Aplikasi chatting Palapa ini telah diluncurkan sejak September 2020 dan dikembangkan oleh developer bernama Xecure IT yang juga merupakan perusahaan rintisan sejak 2005. Perusahaan ini berfokus pada informasi, sistem dan juga keamanan teknologi. Sehingga tak heran jika ada beberapa fitur keamanan yang kita temukan pada aplikasi Palapa ini.

Fitur Yang Tersedia Pada Aplikasi Palapa

Saat membuka aplikasi Palapa, kita akan langsung melihat tampilan dengan serangkaian panduan. Mulai dari fitur, sistem keamanan hingga beberapa catatan pengembang aplikasi. Untuk masuk ke tampilan awal, kita akan mendapatkan pop up permintaan izin akses ke media dan kontak.

Memiliki tampilan yang sederhana, tampilan Palapa ini terkombinasi dari warna merah dan putih yang juga merupakan warna bendera kebanggaan Indonesia. Namun selain itu juga ada opsi Dark Mode yang bisa kita gunakan. Sedangkan untuk bahasa tersedia bahasa Inggris dan Indonesia.

Aplikasi Palapa memungkinkan penggunanya untuk bisa berbagi pesan dalam bentuk teks, audio maupun video. Untuk pengiriman pesan yang berupa data file, foto dan video memiliki batas maksimal lklapasitas sebesar 100 MB. Palapa juga menyediakan fitur grup dan personal notes layaknya aplikasi Telegram. Ada pula fitur chat backups, disappearing messages, pengaturan storage dan lainnya.

Fitur Keamanan Palapa

Namun yang paling penting adalah sistem keamanannya yang menggunakan sistem enkripsi end to end pada personal notes dan ruang obrolan. Selain itu, ada pula fitur screen lock dan screen security yang tidak akan kita jumpai pada aplikasi chatting lain.

Fitur screen lock merupakan fitur keamanan yang memungkinkan aplikasi terkunci setelah pengguna tutup dan fitur screen security adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna tidak bisa mengambil screenshot. Dan ada pula fitur standar seperti typing indicators, read receipts, display indicators dan lainnya.

Itulah ulasan mengenai Palapa Aplikasi Chatting Buatan Indonesia. Semoga info dan artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang aplikasi buatan anak bangsa.

You May Also Like