Cara Install Game PSP (Playstation Portable) di HP Android

Diposting pada

Anda mungkin pernah memainkan beberapa game di playstation portable, misalnya seperti Grand Turismo, God of War, Dinasty Warrior, Call of Duty, Grand Theft Auto, dan beberapa game popular lainnya.

Memainkan Game di perangkat playstation portable memang sangat menyenangkan, terlebih perangkatnya yang berukuran kecil dan bersifat portable sehingga bisa kita bawa kemanapun dan dimainkan dimanapun. Hebatnya dari game PSP adalah kualitas grafik yang begitu baik saat itu dikala ponsel saat itu belum memiliki kualitas grafik sejernih sekarang.

Bahkan mungkin game playstation portable mulai terkikis dengan banyaknya game menarik yang bisa dimainkan di smartphone, misalnya seperti PUBG, Mobile Legend, Rules of Survival, Point Blank Strike Mobile, dan beberapa menarik lainnya. Sehingga ini membuat player lebih cenderung memilih untuk bermain di smartphone dengan kualitas spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang membeli perangkat game portable.

Namun bukan berarti perangkat game portable tidak laku lagi. Setiap perangkat memiliki segmen pasarnya masing-masing. Hanya saja untuk player tidak begitu fanatik memainkan game mungkin lebih memilih untuk menggunakan smartphone untuk memainkan game favorit mereka, selagi bisa. Bahkan setelah peluncuran beberapa aplikasi emulator playstation, pengguna smartphone semakin sumringah dengan kehadiranya.

Nah salah satu emulator playstation portable yang bisa dijalankan di smartphone adalah seperti PPSSPP atau Ultra PSP. Emulator ini bisa Anda install dan mainkan di smartphone Android dengan mudah dan gratis seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Langkah 1: Download Emulator PSP

Seperti yang dijelaskan sebelum bahwa emulator yang bisa Anda gunakan di smartphone adalah seperti PPSSPP atau Ultra PSP. Aplikasi ini bisa Anda download melalui tautan google play store dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/SOAkR3

Anda cukup menginstall aplikasi tersebu dari smartphone Android Anda. Setelah itu, Anda cukup mendownload file game yang Anda inginkan seperti pada langkah berikutnya.

Langkah 2: Download dan Extract File Game

Setelah Anda menginstall aplikasi emulator psp di smartphone Android Anda. Maka selanjutnya adalah mencari file game yang ingin Anda mainkan. File ini memiliki format .iso. Anda bisa menemukan file game ini secara gratis di beberapa situs ternama seperti berikut ini:

  • https://www.emuparadise.me
  • http://freeroms.com

Apabila Anda tidak menemukan game favorit Anda dari situs tersebut, maka Anda bisa mencari file game Anda di bebarap situs di internet secara gratis. Setelah Anda mendownload file game yang Anda miliki. Maka selanjutnya, silahkan mengekstrak filenya, sebab file game biasanya memiliki format iso yang tidak memungkinkan untuk dibaca langsung dari smartphone.

Untuk mengekstrak file, Anda mudahnya menggunakan komputer dengan bantuan program/software seperti RAR, 7z, ZIP. Caraya buka program Winrar di komputer Anda, kemudian cari file iso gamenya dan pilih “Extract”. Detailnya bisa Anda lihat pada artikel berikut ini:

Hasil folder extract filenya Anda pindahkan ke memory smartphone Android Anda. Mudahnya Anda cukup langsun menyalin folder dari extract file game isonya.

Langkah 3: Mulai Memainkan Game

Setelah folder game telah Anda pindahkan ke memory sd card smartphone Anda. Selanjutnya jalankan aplikasi Playstation Emulatornya di smartphone Anda. Kemudian pilih menu “Games” lalu ketuk tombol “Home”. Nah dari sini, temukan folder dari file Game yang telah Anda extract sebelumnya dari komputer.

Perhatikan dengan baik folder yang Anda pilih, salah memilih folder, bisa membuat emulator tidak dapat menjalankan game dengan baik. Setelah menemukan folder game yang tepat, cukup mengetuk daftar folder game tersebut untuk memulai permainan.

Cara Settings PPSSPP di Smartphone Android

Mengingat bahwa emulator ppsspp memlilki banyak fungsional untuk kualitas grafik dan penyesuaian pengalaman game yang beragam untuk setiap tipe smartphone. Maka selebihnya untuk tutorial setting ppsspp bisa Anda lihat pada artikel woiden berikut:

Apabila ada yang kurang dimengerti atau ada tambahan mengenai artikel yang dijelaskan diatas. Silahkan meninggalkan jejak itu melalui kolom komentar dibawah ini.