Cara Cek IMEI Smartphone Legal atau Ilegal

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas Cara Cek IMEI Smartphone Legal atau Ilegal, hal ini gunanya agar kamu dapat mengetahui barang yang kamu beli barang Black Market atau tidak resmi.

Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat saat ini, pesatnya pertumbuhan smartphone tidak bisa di pungkiri lagi karena masyarakat sekarang membutuhkan untuk berkomunikasi jarak jauh dan menggunakan internet dari ponsel pintar ini.

Rencananya bulan april 2020 pemerintah akan mulai melakukan pemblokiran terhadap IMEI (International Mobile Equipment Identity) smartphone yang tidak terdaftar pada kementrian perindustrian atau yang biasa dikenal dengan ponsel black market.

Ponsel yang tidak terdaftar atau tidak resmi tersebut tentunya tidak akan bisa menggunakan simcard dari operator yang ada di indonesia.

Aturan ini untuk meminimalisir beredarnya barang black market atau tidak resmi di pasaran indonesia karna dianggap tidak membayar pajak dan juga untuk melindungi masyarakat dari produk dan teknologi yang gagal.

Cek IMEI berlaku untuk seluruh merek Handphone dan smartphone, jadi untuk mengetahui apakah ponsel yang kita gunakan atau yang mau kita beli resmi atau tidaknya bisa kita cek dengan beberapa metode dibawah ini.

Cek IMEI Smartphone Legal atau Ilegal

Cek IMEI Melalui Menu “Pengaturan”

  • Masuk pada menu Pengaturan (Setting) pada ponsel
  • Pilih “Tentang Ponsel”Cek IMEI di Smartphone
  • Kemudia Pilih “Status” maka akan muncul informasi tentang nomor IMEICek IMEI pada Smartphone
  • Jika Ponsel kamu menggunakan dual sim maka akan ada 2 IMEI yang mucul di informasi IMEI.Cara Melihat IMEI di smartphone

Cek IMEI Melalui Kode Dial pada Handphone atau Smartphone

  • Caranya ketikkan *#06# pada smartphone atau handphone kamu.
  • IMEI akan muncul secara otomatis pada jendela pop up pada layar handphone atau smartphone yang kamu gunakanMelihat IMEI di Smartphone

Cara periksa IMEI kamu terdaftar (Resmi) atau Ilegal (BM)

  • Masuk ke website Kemenperin (Kementrian Perindustrian Republik Indonesia) atau klik link ini imei.kemenperin
  • Masukkan IMEI kamu kedalam kolam yang disediakan, kemudia tekan tombol pengencekan.
  • Setelah itu akan muncul pemberitahuan apakah IMEI kamu terdaftar di kemenperin atau ilegal.Cek IMEI Smartphone Legal atau Ilegal
  • Ini contoh IMEI yang tidak terdaftar di database Komenperin.Cek IMEI Smartphone di situs kamenperin

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk cek IMEI smartphone agar kamu bisa mengetahui apakah smartphone kamu resmi atau non-resmi.

Terimakasih sudah berkunjung dan apabila ada pertanyaan silahkan komen di bawah ini.

 

You May Also Like