Cara Membuat Vector di Android

Diposting pada

Gambar Vektor merupakan salah satu jenis gambar yang menggunakan dimensi poligon untuk membuat gambar pada komputerisasi grafis. Pada dasarnya gambar vektor menggunakan vektor sesuai namanya. Letak-letak pada gambar vektor dimanakan dengan nodes atau control points. Setiap letak ini memiliki posisi yang berdasarkan sumbu x dan y dalam penentuan arah grafis gambar.

Itulah beberapa penjelesan mengenai gambar vektor. Penjelasannya mungkin terlalu sulit untuk dimengerti, jadi saya tidak mengharuskan mengetahui teknik detailnya. Hal terpenting hasil gambar yang telah dibuat. Gamber Vektor merupakan salah satu jenis gambar yang cukup populer saat ini. Sebagian besar grafis desainer menyukai salah satu jenis gambar ini. Namun untuk membuat gambar vektor itu umumnya dilakukan melalui perangkat desktop atau komputer.

Untungnya ada beberapa aplikasi smartphone, khususnya untuk Android yang memungkinkan setiap pengguna kini dapat membuat gambar vector dari smartphone android mereka tanpa harus lagi menggunakan  komputer pc. Lebih detailnya mengenai cara penerapanya sebagai berikut:

Cara Membuat Gambar Vektor di Android

Pada langkah yang dicontoh ini menggunakan aplikasi bernama Adobe Illustrator Draw for Android. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Googlle Play store dari link berikut atau dari penelusuran situs apk downloader lainnya.

  • https://woiden.com/go/kPSI5Q

1. Mulai Membuat Vektor

Lihat semua pengerjaan gambar Anda di tampilan Work. Ketuk (+) untuk membuat gambar baru, lalu ketuk Document Preset untuk memilih format. Semua preset mencakup detail yang bermanfaat seperti ukuran dan resolusi. Setelah berada di lembaran gambar baru Anda, tekan (+) dan pilih Image Layer untuk mengambil gambar dari Camera Roll atau Galery Smartphone Anda. Anda juga bisa memilih referensi gambar dari sumber lain seperti Adobe Stock.

Cubit layar untuk memperkecil gambar atau sebaliknya, lalu sentuh Image Layer dan kurangi opacity. Selanjutnya, tarik Layer Gambar di bawah Draw Layer di lapisan paling bawah.

2. Mulai Menggambar

Toolbar utama berisi lima kuas (Brush) gambar dan penghapus. Tekan lama kuas untuk melihat jenis kuas yang tersedia, atau ketuk dua kali kuas untuk mengubah pengaturannya. Tarik ke atas atau ke bawah pada kontrol Size dan Opacity untuk mengubah nilai, dan sempurnakan kuas Anda pada pengaturan Brush. Buat perubahan pada atribut seperti Roundness, Angle, dan Taper, lalu mulai menelusuri yang Anda inginkan.

3. Menggunakan Kombinasi Warna

Pilih kuas dan sentuh Color. Pilih warna dari tema warna built-in atau campuran warna dengan menggunakan Color Picker. Ketuk (+) untuk menyimpan warna favorit ke daftar Library Anda. Sekarang Anda dapat mengaksesnya dari Library Anda kapan saja, dan juga dari aplikasi Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop Sketch. Saat Anda melukis, Anda bisa tahan lama pada goresan tertutup untuk mengisinya dengan warna. Atau tekan lama pada Color dan seret kursor tengah untuk menggunakan warna lainnya.

4. Tambahkan Bentuk dan Lapisan Gambar

Atur gambar Anda dengan menempatkan warna dan benda pada lapisan atau layer yang terpisah. Sentuh layer untuk lebih banyak pilihan, beri nama layer yang unik, atur opacity dan Blend Mode (yang mengontrol bagaimana warna berinteraksi dengan lapisan di bawahnya), dan sembunyikan atau tunjukkan layer dengan mengetuk ikon berbentuk mata di bagian atas.

Ketuk ikon shape di bagian atas untuk menambahkan garis lurus, lekukan, dan bentuk. Tarik sepanjang tepi bentuk, ketuk dua kali untuk menerapkannya, atau tekan lama untuk mengisi dengan warna. Tambahkan tekstur halftone, bentuk vektor yang dibuat dalam Adobe Capture dan disimpan ke Library. Ini akan menghapus bagian lapisan yang tidak diinginkan dengan Eraser. Untuk menggunakan layar halftone dalam desain Anda, buka Halftone Library  dan klik Save untuk menyalin library ke akun Anda. Lihat Capture warna, bentuk, dan brush / kuas yang digunakan.

5. Simpan Gambar Anda

Draw otomatis menghemat pengerjaan Anda saat Anda melakukan penyempitan. Ketuk Close kapan saja untuk kembali ke tampilan gambar baru. Ketuk (+) untuk menambahkan dokumen lain ke gambar. Anda dapat menduplikat, menghapus, atau memindahkan dokumen dari satu lembar gambar ke lembar lainnya dengan mengetuk “…” dan memilih dokumen yang ingin Anda pengaruhi. Anda bisa melakukan hal yang sama di Work view.

Dalam Document view, sentuh ikon share untuk mencari cara mengekspor dan share gambar vektor Anda. Anda dapat memperbaiki gambar Anda di desktop (Adobe Desktop Apps -> Illustrator CC), Share proyek Anda ke Behance dalam satu langkah, atau tambahkan ke Gallery Foto smartphone Anda (Image -> Save Image). Atau simpan PDF (Creative Cloud Files as PDF).

Tambahan

Jika Anda merasa penerapan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator Draw cukup sulit untuk digunakan. Maka Anda bisa mencoba beberapa aplikasi alternative yang dapat menkonversi gambar biasa menjadi gambar vector secara otomatis.

Beberapa aplikasi itu bisa Anda unduh melalui Google Play Store melalui tautan berikut ini:

  • Vector Conventer: https://woiden.com/go/E2hL3Y
  • Infinite Design: https://woiden.com/go/jzXtf7

Demikianlah artikel mengenai cara membuat gambar vector dari Android, selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.