Cara Melihat Pesan WhatsApp dan Line Yang Terhapus di Android

Diposting pada

WhatsApp dan Line Messenger merupakan kedua aplikasi pesan berbasis internet yang populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia sendiri. Dimana hampir sebagian besar pengguna smartphone dapat dipastikan memiliki salah satu atau kedua aplikasi pesan ini di perangkat mereka. Dimana dulunya layanan pesan singkat atau SMS adalah layanan pesan paling berguna, namun kini beralih semenjak penggunaan pesan berbasis internet yang digadang jauh lebih murah dibanding harus menggunakan tarif pulsa langsung.

Tidak hanya itu aplikasi pesan ini juga memiliki berbagai fitur bermanfaat seperti berbagi file, media, bahkan melakukan panggilan suara dan video. Ini tentu menjadi alasan utama mengapa pengguna kini lebih memilih menggunakan aplikasi pesan berbasis internet dibanding harus menggunakan layanan konvesional dari operator. Bahkan pengembangan aplikasi terus dilakukan untuk menunjang kebutuhan penggunanya, entah itu dari segi pengalaman penggunaan, tampilan, maupun fitur. Semua pengembang memiliki intensitas setara, namun hal yang paling sering dinanti oleh pengguna adalah peluncuran fitur-fitur menarik dan bermanfaat.

Salah satu fitur yang baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu pada sebagian besar aplikasi pesan adalah fitur membatalkan kiriman pesan. Ini memungkinkan mereka yang salah mengirimkan pesan ke kontak mereka, dapat menghapus atau membatalkan pesan mereka terkirim ke perangkat yang dituju. Beberapa orang menyambut baik kehadiran fitur ini karena bisa meminimalkan resiko salah kirim pesan. Ketika pengirim membatalkan pesan yang mereka kirim, maka penerima akan melihat pemberitahuan bahwa pesan telah dihapus. Inilah yang biasanya membuat beberapa pengguna kepo untuk mengetahui pesan apakah yang dikirim oleh kontak pengirim tersebut.

Untungnya ada beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melihat kembali pesan yang dihapus atau dibatalkan oleh pengirim pada aplikasi WhatsApp dan Line Messenger seperti yang dijelaskan pada langkah dibawah ini:

Cara Melihat Pesan WhatsApp dan Line Yang Dihapus Pengirim

Ada banyak aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melihat pesan atau media yang dibatalkan untuk dikirim oleh teman kontak Anda. Namun salah satu yang terbaik dan gratis untuk digunakan adalah aplikasi bernama “Recent Notification”.

Aplikasi berfungsi untuk menyimpan semua daftar pesan dan notifikasi yang telah masuk ke perangkat Anda. Ini memungkinkan agar Anda tidak melewatkan notifikasi yang mungkin hanya tersedia pada beberapa waktu singkat saja. Termasuk pada pesan yang telah dihapus atau dibatalkan oleh kontak Anda. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store melalui tautan berikut:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.libin.notification&hl=in

Setelah aplikasi terinstall di perangkat Android, Anda cukup membuka aplikasi tersebut. Kemudian Anda akan melihat tampilan panduan untuk aktivasi.

Ikuti saja layar dan aktifkan “Akses Notifikasi” untuk aplikasi ini melalui “Setelan/Settings” perangkat atau melalui layar panduan aplikasi.

Setelah itu, kedepannya Anda sudah bisa melihat semua pesan yang dihapus atau Anda lewatkan di perangkat. Saat ada pesan yang masuk di WhatsApp atau Line Anda dan telah dihapus oleh pengirim. Maka Anda dapat melihat kembali pesan apa yang dikirim oleh pengirim tersebut. Caranya dengan membuka aplikasi Recent Notification.

Pada aplikasi recent notification akan terlihat beberapa daftar pesan yang tersimpan yang dimana pesan ini sebelumnya masuk di perangkat Anda. Aplikasi ini mengibaratkan sebagai auto backup pesan dan notifikasi.

Itulah beberapa langkah yang dapat dijelaskan pada artikel woiden kali ini mengenai cara melihat pesan yang telah dihapus oleh pengirim pada aplikasi Whatsapp dan line messenger. Jika ada sesuatu yang kurang dipahami atau mungkin ada masukan mengenai pembahasan ini, maka silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia.