Cara Upgrade ke Android 7.0 Nougat di Semua Smartphone

Diposting pada

Android 7.0 Nougat adalah salah satu versi baru dari operating system besutan Google yang sudah dirilis secara umum. Android Nougat juga sudah dapat digunakan oleh miliaran perangkat di seluruh dunia sejak akhir tahun 2017 kemarin.

Ada banyak yang berbeda dari versi Android Nougat. Android 7.0 Ini memiliki masa pakai baterai yang lebih lama, peningkatan multitasking dan pemberitahuan yang lebih canggih dan tampilan Android yang slimmed dan disempurnakan. Dibanding yang dilakukan pada versi tahun lalu yaitu Android 6.0 Marshmallow, Nougat ini lebih cepat, lebih halus dan penampilan yang lebih detail.

Aplikasi yang di install dapat lebih cepat, OS ini juga bisa lebih kecil ukurannya dan update ke Android bisa langsung terinstal, tanpa harus menunggu 10 menit saat reboot. Jika sudah memiliki perangkat baru. Sistem grafis API Vulcan yang baru juga dihilangkan untuk kinerja gaming yang lebih baik dan Nougat akan mendukung sistem virtual reality Google Daydream.

Setelah peluncurannya secara resmi, beberapa fitur terbaru didalamnya mungkin sudah tidak asing lagi karena beberapa produsen individual seperti Samsung dan LG telah menggunakannya jauh lebih dulu. Tapi sekarang beberapa fitur ini secara resmi merupakan bagian dari Android, yang berarti fitur ini seharusnya dapat digunakan pada smartphone lainnya.

Fitur Android 7.0 Nougat

Seperti yang sudah diuraikan pada paragraph pembuka diatas, ada banyak fitur menarik yang sudah tersedia di dalam Android 7.0 Nougat. Misalnya kemampuan untuk memblokir aplikasi yang menggunakan RAM dan data seluler yang lebih banyak, melakukan multitasking, dan lainnya. Sebelebihnya diuraikan dibawah ini:

1. Multitasking

Untuk beralih aplikasi sebelumnya, Anda harus mengetuk tombol di bagian bawah layar smartphone Anda dan menelusuri aplikasi satu persatu. Namun sekarang, Anda dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus di saat yang sama dengan membelah dua tampilan layar.

2. Minim Penggunaan Aplikasi

Android Nougat membiarkan Anda untuk dapat melakukan banyak hal tanpa harus membuka aplikasi. Misalnya seperti, Anda sudah dapat melihat membalas pesan SMS, Email, dan banyak lainnya melalui notifikasi bar, tanpa membuka aplikasi.

3. Lebih Irit

Pada Android Nougat terdapat fitur Data Saver. Hampir serupa dengan fitur yang sudah ada sebelumnya di perangkat Samsung dan Xiaomi, Fitur ini akan memblokir aplikasi yang menggunakan banyak kuota data internet secara berlebihan di latar belakang layar atau background. Sehingga ini secara resmi bisa membuat Anda jauh lebih irit kuota data bukan?

4. Penggunaan Identitas Lebih Rinci

Anda dapat memasukkan nama, golongan darah, alergi, kontak darurat dan data penting lainnya di setelan/setting. Sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Fitur ini memudahkan Anda untuk menghubungi petugas darurat  dan memudahkan petugas untuk mengakses informasi dengan menekan “keadaan darurat” dari layar kunci.

5. Personalisasi Tampilan

Untuk mengontrol pemberitahuan apa yang Anda terima, cukup ketuk dan tahan notifikasi. Anda dapat memilih untuk memblokir pemberitahuan dari aplikasi itu atau meredupkannya saat pesan itu masuk. Atau memprioritaskan mereka dengan memiliki notifikasi yang masih muncul saat Anda menyetel.

Anda juga memiliki kontrol lebih besar terhadap menu pengaturan cepat. Pengaturan cepat ini dapat diakses dengan menurunkan notifikasi bar secara dua kali. Menu ini memberi Anda akses cepat ke setelan dan beberapa fitur seperti indikator Wi-Fi, senter, dan baterai.

Syarat Upgrade Android Version Nougat 7.0 Secara Manual

  • CyanogenMod 14.1
  • Android telah di Root (https://bhataramedia.com/rooting)
  • Telah Mencadangkan/Backup Data penting

Cara Upgrade Android Version Nougat 7.0

Secara resmi Anda dapat mengupgrade versi Android Anda ke Nougat 7.0 melalui aplikasi OTA atau OTP di smartphone Anda secara otomatis. Namun pada beberapa kasus, smartphone tidak didukung dengan penerapan ini atau secara resmi versi Android 7.0 belum tersedia di Smartphone tersebut.

Sehingga, salah satu cara alternative adalah dengan menginstallnya secara manual. Berikut adalah langkah singkat untuk upgrade Android 7.0 Nougat:

Langkah Upgrade Android versi Nougat 7.0

Langkah 1: Persiapan Upgrade                                          

Pertama-tama Anda harus sudah melakukan rooting pada perangkat android Anda. Jika belum, baca artikel woiden berikut:

Selain itu, Anda juga wajib telah menginstall custom recovery di Android Anda, entah itu CWM atau TWRP. Namun kami sarankan Anda menggunakan TWRP. Ikuti panduan dibawah untuk instalasi Custom Recovery di Android

Lalu flash custom recovery terbaru seperti TWRP .

Langkah 2: Backup/Cadangkan File Penting

Setelah semua kebutuhan  instalasi sudah lengkap. Anda perlu mem-backup semua file yang menurut Anda penting di Smartphone Anda. Mengingat penerapan ini tidak menjamin bahwa semua file tetap ada di smartphone Anda setelah penerapan ini.

Langkah 3: Download CyanogenMod 14 dan Gapps.

Unduh CyanogenMod 14 untuk melakukan instalasi OS Android 7.0 Nougat ini melalui tautan dibawah ini:

  • https://download.cyanogenmod.org

Unduh juga ROM atau file OS Android 7.0 Nougat melalui situs Gapps. Situs ini menyediakan beberapa file rom Android, termasuk 8.0 Oreo. Namun pada kasus ini, Anda tentu mengunduh file Android 7.0.

  • http://opengapps.org/

Catatan: Pindahkan atau copy kedua file diatas ke kartu memori (SD Card) smartphone Anda. Tepatnya pada folder paling utama atau folder yang mudah Anda temukan nantinya.

Langkah 4: Boot ke Mode Custom Recovery

Nonaktifkan Smartphone Anda. Kemudian tekan sambil tahan tombol “Volume UP + Home Button + Power” sekaligus untuk boot ke mode Recovery.

Pada custom recovery TWRP, Anda dapat membackup data Anda. Jadi lakukanlah, jika sebelumnya Anda belum lakukan atau mungkin untuk cadangan kedua Anda.

Langkah 5: Install CyanogenMod 14 dan Gapps.

Langkah selanjutnya, Anda harus menginstal CyanogenMod 14 dan Gapps melalui mode custom recovery ini.

Arahkan ke tampilan menu utama TWRP dan arahkan ke menu Install. Cari file dimana tempat Anda menyimpan kedua file itu di kartu memori (SD Card) Anda sebelumnya. Sekarang pilih “Swipe” untuk menginstal rom Cyanogen. Tunggu sampai selesai .

Setelah instalasi rom Cyanogen selesai, kembali ke menu utama “TWRP -> Install-> Pilih file Gapps yang Anda unduh dan simpan sebelumnya”. File ini berekstensi .zip maka carilah file dengan terkait yang berekstensi tersebut.

Proses instalasi akan dilakukan dalam hitungan menit. Kemudian restart perangkat Anda, Ini akan boot untuk sementara dan setelah Smartphone Anda hidup, nikmatilah Android 7.0 Nougat baru Anda.

Kesimpulan

Berhubung Andoid 8.0 sudah dirilis secara beta untuk pengguna Android pada saat artikel ini dibuat. Maka ada patutnya juga Anda untuk melihat panduan kami berikut:

Itulah beberapa panduan singkat mengenai cara instalasi atau upgrade Android ke versi 7.0 Nougat. Selebihnya jika ada yang kurang dipahami silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.