Cara Menghapus Tombol Panggilan Darurat di Layar Kunci Android

Diposting pada

Semua smartphone telah didukung fungsi tombol panggilan darurat atau panggilan emergency secara bawaan atau built-in pabrikan.

Tentu ini merupakan salah satu SOP dari sebuah produksi perangat telepon seluler untuk mengatasi dan mencegah hal-hal buruk yang kemungkinan terjadi, sehingga pemilik smartphone dapat menelfon ke layanan panggilan darurat sesegera mungkin.

Tombol panggilan darurat biasa muncul di layar kunci smartphone kita. Ini tentu untuk mudahnya diakses tanpa harus membuka layar kunci yang itu mungkin memakan beberapa durasi lagi.

Namun ada pengguna yang merasa kehadiran tombol panggilan darurat ini cukup mengganggu pandangan layar smartphone mereka. Sehingga terpikirkan untuk menghilangkan tombol ini dari layar kunci smartphone mereka.

Itu bukan hal mustahil, Anda tentu bisa menghilangkan tombol panggilan darurat ini dengan mudah di smartphone Android manapun. Telah ataupun belum melakukan rooting, Anda bisa menerapkannya. Lebih rincinya, simak penerapan berikut ini:

Menghilangkan Tombol Panggilan Darurat Android

Perangkat Yang Belum Di Root

Jika Anda sama sekali belum melakukan rooting di Android Anda. Ini cukup sulit dilakukan, namun Anda bisa menggunakan alternatifnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi lock screen untuk menghilangkan panggilan darurat dari layar kunci smartphone Anda.

Salah satu aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan tombol panggilan darurat dari layar kunci adalah CM Locker lock screen.

Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui tautan berikut ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cmcm.locker&hl=en

Namun, ada beberapa aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa. Diantaranya sebagai berikut:

  • GO Locker: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jiubang.goscreenlock&hl=en
  • Solo Locker: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ztapps.lockermaster&hl=en

Perangkat Yang Telah Di Root

Sebaliknya, jika Anda sudah melakukan root di Android Anda. Anda bisa dengan sempurna menghapus tombol panggilan darurat dari layar kunci Smartphone Anda.

Hanya dengan menggunakan Xposed Installer dan modul GravityBox, Anda bisa menghapus dengan mudah tombol ini. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Download dan Install Xposed Installer (goo.gl/JEu7Sr) di Android Anda.
  2. Buka aplikasi Xposed di Smartphone Anda, cari modul bernama “GravityBOX” dan install.
  3. Reboot smartphone saat instalasi modul selesai.
  4. Buka “GravityBox” dan arahkan ke “Lockscreen tweaks”.
  5. Aktifkan pilihan “Disable emergency call button” pada pilihan bagian bawah.

Kesimpulan

Itulah 2 metode mudah yang dapat Anda terapkan untuk menghilangkan atau mengahpus tombol panggilaan darurat di smartphone Android Anda.

Woiden harap artikel ini bisa menjawab tujuan Anda. Selebihnya jika ada yang kurang dipahami atau mungkin ada masukan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.