3 Cara Mengunci Aplikasi Android Dengan Fingerprint

Diposting pada

Akhir-akhir ini, banyak smartphone terbaru yang dirilis dengan fitur fingerprint. Tentu ini salah satu perkembang teknologi yang cukup baik. Mengingat dahulu hanya iPhone-lah yang mengusung fitur ini di perangkatnya.

Dan saat ini fitur fingerprint bukan lagi hal yang eksklusif pada sebuah smartphone, melihat banyak sudah smartphone yang menggunakan fitur serupa. Namun secara umum fitur fingerprint hanya berfungsi untuk mengunci dan membuka kunci layar saja.

Dengan kata lain bahwa Anda tidak bisa menerapkannya pada Aplikasi atau Game Anda sejak bawaan perangkat. Untungnya ada beberapa aplikasi ketiga yang mampu membuat perangkat kita dapat melakukan itu. Beberapa aplikasi itu sebagai berikut:

App Locker

App Locker adalah aplikasi pertama yang dapat Anda coba di perangkat Anda. Ini adalah aplikasi yang sangat mendasar dengan tampilan yang sederhana. Setelah Anda menginstalnya ke Android Anda, aplikasi akan menanyakan mekanisme kunci primer dan sekunder yang ingin Anda gunakan yang seharusnya Anda memilih sidik jari sebagai mekanisme kunci aplikasi Anda.

Unduh aplikasinya melalui tautan berikut ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gamemalt.applocker

Di pengaturan aplikasi, Anda dapat langsung mencadangkan aplikasi dan juga mengubah preferensi kunci primer dan sekunder. Namun setelan global dapat diganti oleh aplikasi individual jika Anda memilih untuk memberikan setelan yang berbeda ke beberapa aplikasi.

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini memiliki iklan dan iklan akan muncul di layar kunci yang mungkin cukup menggangu pemandangan layar kunci Anda. Maka dari itu, Anda dapat membeli versi pro untuk menghapusnya.

FingerSecurity

Aplikasi kedua yang dapat Anda coba adalah FingerSecurity dan penyiapan awal serupa dengan App Locker. Anda harus memeriksa apakah aplikasi kompatibel dengan perangkat Anda dan memberinya akses aksesibilitas yang merupakan keharusan aplikasi tersebut berfungsi.

Setelah melakukan itu, Anda bebas memuat daftar kunci aplikasi dan mengaktifkan tombol toggle untuk mengunci aplikasi tertentu. Anda bisa unduh melalui tautan dibawah ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rickclephas.fingersecurity

Namun kelebihan dari aplikasi ini adalah tidak ada iklan di layar kunci meskipun aplikasi benar-benar gratis. Anda dapat membeli fitur premium seperti modul berbasis lokasi atau tema pembuka yang berbeda oleh pembelian dalam aplikasi.

CM App Lock Fingerprint Unlock

CM App Lock adalah aplikasi pemindai sidik jari ketiga dengan segudang fitur yang dapat Anda instal di Android Anda. Namun faktanya bahwa dari pengembang Cheetah Mobile membuat woiden ragu untuk membagikannya.

Tapi aplikasi ini memiliki peringkat  dan rating yang bagus, jadi tidak ada salahnya mencobanya. CM App Lock sangat mirip dan sama seperti aplikasi lainnya, Anda harus mengunci aplikasi dari daftar. Pilihan untuk mengunci Bluetooth dan status Wi-Fi juga merupakan fitur tambahan.

Fitur yang layak disebutkan tentang aplikasi ini adalah Anda dapat mendownload beberapa tema layar kunci secara gratis dan memberi layar kunci Anda warna baru setiap hari. Selain itu, Anda mendapatkan opsi untuk menyetel ulang kata sandi menggunakan akun Google yang ada di Android.

Aplikasi ini juga memberi Anda pilihan untuk mengambil gambar dari kamera depan jika mendeteksi beberapa upaya gagal untuk membuka kunci aplikasi. Selebihnya unduh aplikasinya melalui tautan berikut ini:

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=cms.lock

Kesimpulan

Jadi, ini adalah 3 aplikasi teratas yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi di perangkat Android Anda menggunakan sensor sidik jari atau fingerprint. Ada kemungkinan Google menyertakan fitur kunci sidik jari secara default di Android N, namun kita semua tahu bahwa itu akan memakan waktu lama. Jadi sampai saat itu, ini adalah alternatif terbaik untuk Android.