Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

bhataramedia.comBeberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid. Bagi perempuan, memiliki siklus haid merupakan rutinitas yang wajib dan tidak dapat dihindari. Sebagian besar pastinya mengalami nyeri pada perut, payudara, paha, merasa lesu hingga terganggunya mood dan suasana hati yang membuat tidak nyaman dan ingin rebahan saja pada kasur. Bahkan ada pula yang mengalami peningkatan pada nafsu makannya sehingga menjadi tidak terkontrol.

Dengan terjadinya berbagai macam respon tubuh saat datangnya haid ini, maka para wanita juga perlu tahu akan hal – hal yang bisa membuat beberapa keluhan tersebut menjadi semakin terasa. Sehingga kamu lebih bisa menghindari dan mencegah terjadinya hal yang lebih buruk lagi.

Beberapa Hal yang Harus Kamu hindari Saat Haid.

Saat datangnya haid, beberapa hormon yang ada dalam tubuh mengalami peningkatan dan perubahan yang dapat mempengaruhi respon tubuh. Seperti estrogen, progesteron dan testosteron yang berkaitan dengan timbulnya jerawat, nyeri pada payudara dan lainnya. Untuk itu, kita wajib mengetahui apa saja yang harus kamu hindari saat haid, seperti beberapa berikut ini.

Minum kopi

Saat menstruasi, ada baiknya kamu tidak meminum kopi yang nantinya akan membuat perut kamu merasa lebih kembung dan kram karena kandungan kafein yang kopi miliki.

Tidur larut malam

Untuk kamu yang sering tidur larut malam, ada baiknya saat datang menstruasi tidak lagi melakukan hal ini. Karena selain meningkatkan hormon stres kortisol dan tidak seimbangnya hormon yang menyebabkan memperburuk kondisi kamu.

Makan makanan asin

Selain dapat membuat lemak menumpuk dalam tubuh dan mengundang penyakit diabetes, ternyata makanan asin juga bisa memperburuk kram pada saat menstruasi. Untuk itu, kamu harus mengurangi makan makanan asin agar dapat menghindari hal tersebut.

Merokok

Rokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, apalagi pada saat menstruasi. Selain tidak bagus untuk kesehatan, juga dapat memperburuk gejala haid. Jadi kamu harus menghindari rokok jika tidak ingin terjadi hal yang lebih buruk lagi.

Gunakan pembalut lebih lama dari anjurannya

Hal ini tentunya akan menyebabkan infeksi bakteri dan jamur, yang nantinya akan merusak kesehatan kamu. Saat menstruasi, kamu harus mengganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam sekali.

Itulah Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid. Jika kamu sudah mematuhi larangan tersebut namun masih saja merasakan keluhan yang tidak biasa, ada baiknya kamu konsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan untuk menghindari hal yang tidak kamu inginkan.

You May Also Like