Awas Resiko Diabetes! Ini Tips Untuk Mengurangi Asupan Gula Agar Lebih Sehat

Awas Resiko Diabetes! Ini Tips Untuk Mengurangi Asupan Gula Agar Lebih Sehat

Penyakit Diabetes Melitus adalah jenis penyakit yang menjadi resiko bagi Anda yang punya pola makan kalori dan gula yang tinggi. Penyakit karena kemampuan tubuh mengatur kadar gula yang rusak ini pun bisa menyebabkan komplikasi dan menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya darah tinggi, stroke, dan juga penyakit jantung. Oleh karena itu mulai dari sekarang ada baiknya Anda mulai memperhatikan cara makan yang lebih sehat. Diet yang sehat bisa dilakukan secara perlahan, Anda bisa mulai dengan mengurangi konsumsi gula dari yang berlebihan hingga cukup. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi asupan gula demi tubuh yang lebih sehat.

Kurangi minuman bergula tinggi

Yuk introspeksi, berapa kaleng dan botol minuman bergula tinggi yang Anda konsumsi dalam satu bulan? Minuman yang mengandung gula tinggi antara lain adalah jus kemasan, minuman soda, minuman energi, dan minuman botolan kalengan lainnya yang banyak dijual di toko. Bahkan minuman-minuman yang berembel-embel sehat atau rendah gula/lemak juga mengandung pemanis tambahan yang mengandung kalori tinggi. Ganti minuman Anda dengan jus buah buatan sendiri dan perbanyak air putih.

Kurangi makanan manis

Tips untuk mengurangi asupan gula selanjutnya adalah hindari mengkonsumsi makanan manis yang berbasis susu dan grains  seperti misalnya cake, es krim, dan teman-temannya. Jika tidak bisa pisah 100%, Anda bisa mengurangi konsumsinya hanya satu kali dalam satu minggu dengan porsi yang terbatas. Konsumsi gula tinggi bisa membuat tubuh Anda justru menuntut untuk diberi gula lagi. Jika sedang ingin makan yang manis-manis, Anda bisa mengonsumsi buah segar, yogurt, dark chocolate, atau satu sendok makan buah kering.

Produk saus juga mengandung banyak gula

Asupan gula yang berlebihan juga bisa berasal dari saus yang Anda konsumsi. Saus sambal, saus tomat, kecap, saus BBQ, dan saus kemasan lainnya kebanyakan mengandung gula dalam jumlah yang cukup tinggi. Rasanya memang enak, tapi Anda bisa membumbui makanan dengan bumbu yang lain misalnya mayo, cuka, pesto, yellow mustard, atau buat sendiri sambal dengan menggunakan cabe dan bumbu lain tanpa gula.

Masak sendiri di rumah

Tips untuk mengurangi asupan gula yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan sendiri makanan yang akan dikonsumsi dengan masak di rumah. Dengan demikian Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang masih segar, mengurangi penggunaan gula atau pemanis tambahan, dan menjaga kualitas makanan yang dibuat. Banyak makan di luar akan meningkatkan resiko kelebihan konsumsi gula. Karena banyak tempat makan terutama restoran cepat saji yang menggunakan bahan makanan yang telah diproses di mana jenis makanan ini mengandung garam, gula, lemak, bahan penyedap dan pewarna buatan, dan juga bahan pengawet yang cukup tinggi

You May Also Like