Apakah Benar Puasa Kurangi Risiko Penyakit Jantung?

puasa

Bhataramedia.com – Jawabannya adalah mungkin saja. Para peneliti tidak yakin mengapa hal tersebut dapat terjadi, tetapi tampaknya puasa (tidak mengkonsumsi makanan dan minuman apapun selama sekitar 24 jam pada suatu waktu) dapat berpotensi meningkatkan kesehatan jantung anda.

Sulit untuk mengatakan mengenai pengaruh puasa terhadap kesehatan jantung anda karena kebanyakan orang secara rutin melakukannya untuk alasan agama. Orang-orang tersebut pada umumnya cenderung untuk tidak merokok dan minum alkohol, di mana hal tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Namun, tampaknya orang-orang yang melakukan puasa memiliki kesehatan jantung yang lebih baik daripada orang yang tidak melakukannya. Hal ini kemungkinan terjadi karena orang-orang tersebut secara rutin dapat mengendalikan diri atas berapa banyak kalori yang mereka makan dan minum. Perilaku ini dapat diterjemahkan ke dalam pilihan makan yang lebih baik ketika mereka tidak berpuasa.

Dilansir Mayo Clinic, hubungan antara puasa periodik dan kesehatan jantung yang lebih baik juga dapat dihubungkan dengan cara tubuh memetabolisme kolesterol dan gula. Puasa teratur dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol “buruk”. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat memperbaiki cara tubuh memetabolisme gula. Hal ini dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan dan diabetes, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

You May Also Like