Lebih Banyak Minum Air Putih Terkait dengan Berbagai Manfaat

minum, air putih
minum, air putih
Orang yang meningkatkan konsumsi air putih sebesar satu, dua atau tiga cangkir sehari mengalami penurunan asupan total energi mereka sebesar 68-205 kalori harian dan asupan sodium mereka sebesar 78-235 gram. Hal ini menurut profesor kinesiologi dan kesehatan masyarakat, Ruopeng An, dari University of Illinois.

Bhataramedia.com – Bagi orang yang ingin mengendalikan berat badan mereka atau mengurangi asupan gula, sodium dan lemak jenuh, air putih mungkin akan menjadi hal yang akan disarankan dokter.

Studi baru yang meneliti kebiasaan makan lebih dari 18.300 orang dewasa AS menemukan sebagian orang yang meningkatkan konsumsi air mereka lebih dari biasa, mengalami 1 persen penurunan total asupan kalori harian mereka serta konsumsi dari lemak jenuh, gula, sodium dan kolesterol.

Orang yang meningkatkan konsumsi air putih sebesar satu, dua atau tiga cangkir sehari mengalami penurunan asupan total energi mereka sebesar 68-205 kalori harian dan asupan sodium mereka sebesar 78-235 gram. Hal ini menurut profesor kinesiologi dan kesehatan masyarakat, Ruopeng An, dari University of Illinois. Mereka juga mengkonsumsi 5 gram hingga 18 gram lebih sedikit gula dan penurunan konsumsi kolesterol 7 sampai 21 gram sehari.

“Dampak dari konsumsi air putih pada diet berlaku sama di seluruh ras / etnis, pendidikan dan tingkat penghasilan, serta status berat badan,” kata An.

“Temuan ini menunjukkan bahwa mungkin cukup untuk merancang dan memberikan intervensi gizi universal dan kampanye pendidikan yang mempromosikan konsumsi air putih untuk mengganti minuman berpemanis, dalam subkelompok populasi yang beragam tanpa kekhawatiran mendalam tentang pesan dan perancangan strategi,” lanjut An, seperti dilansir University of Illinois at Urbana-Champaign (01/03/2016).

Pemeriksaan Data dari empat gelombang (2005-12) National Health and Nutrition Examination Survey, dilakukan oleh National Center for Health Statistics. Peserta diminta untuk mengingat segala sesuatu yang mereka makan atau minum selama dua hari, yang berjarak tiga sampai 10 hari.

Jumlah air putih yang dikonsumsi setiap orang dihitung sebagai persentase dari konsumsi makanan dan minuman harian mereka. Minuman seperti teh hitam tanpa pemanis, teh herbal dan kopi tidak dihitung sebagai sumber air putih, tetapi kadar airnya mereka termasuk dalam perhitungan yang dilakukan An dari total konsumsi air harian peserta.

Rata-rata, peserta mengkonsumsi sekitar 4,2 cangkir air putih setiap hari, terhitung lebih sedikit dari 30 persen dari total asupan air harian mereka. Asupan kalori rata-rata peserta adalah 2.157 kalori, termasuk 125 kalori dari minuman manis dan 432 kalori dari makanan diskresioner, yang rendah gizi, makanan padat kalori seperti makanan penutup, kue-kue dan campuran makanan ringan, yang tidak diperlukan untuk diet sehat.

Kenaikan kecil tetapi signifikan secara statistik sebesar 1 persen pada konsumsi air putih harian peserta, dikaitkan dengan penurunan 8,6 kalori dalam asupan energi harian. Serta sedikit pengurangan asupan minuman manis dan makanan diskresioner dari peserta, bersama dengan konsumsi mereka lemak, gula, sodium dan kolesterol.

Sementara An menemukan bahwa penurunan terjadi lebih besar di antara laki-laki dan orang dewasa muda dan setengah baya, dia menduga bahwa ini bisa saja terkait dengan asupan kalori harian yang lebih tinggi dari kelompok-kelompok tersebut.

Studi ini dipublikasikan di Journal of Human Nutrition and Dietetics.

Referensi Jurnal :

R. An, J. ‎McCaffrey. Plain water consumption in relation to energy intake and diet quality among US adults, 2005-2012. Journal of Human Nutrition and Dietetics, 2016; DOI: 10.1111/jhn.12368.

You May Also Like