Monitor Tekanan Darah Pribadi Kemungkinan Tidak Akurat

Monitor tekanan darah

Bhataramedia.com – Jika Anda menggunakan monitor pribadi untuk melacak tekanan darah Anda, Anda kemungkinan ingin mendapatkan pendapat kedua. Penelitian baru menunjukkan monitor hipertensi pribadi kemungkinan tidak akurat pada 15 persen dari pasien.

Penemuan tersebut akan dipresentasikan pada konferensi American Society of Nephrology oleh para peneliti Kanada. Hasil penelitian ini mempertanyakan efektivitas pedoman pencegahan jantung yang merekomendasikan monitor tekanan darah pribadi untuk memandu diagnosis dan pengobatan pasien dengan hipertensi.

Peneliti utama Swapnil Hiremath, M.D., dari Ottawa Hospital dan University of Ottawa, mengatakan bahwa temuan ini didasarkan pada perbandingan dari pengukuran tekanan darah pada monitor tekanan darah di rumah dengan sphygmomanometer merkuri yang telah divalidasi pada 210 pasien.

Para peneliti menemukan bahwa antara 8 persen dan 32 persen dari 210 pembacaan monitor tekanan darah di rumah tidak akurat. Satu dari tujuh pasien hipertensi kemungkinan akan mendapatkan informasi yang salah mengenai tekanan darah mereka.

“Monitor tekanan darah pribadi kemungkinan tidak akurat pada 5 hingga 15 persen pasien, tergantung pada ambang batas untuk akurasi yang digunakan,” kata Dr. Hiremath, seperti dilansir American Society of Nephrology (28/10/2014).

“Kami merekomendasikan semua pasien dengan monitor tekanan darah pribadi untuk memvalidasi alat yang mereka gunakan dengan penyedia layanan kesehatan mereka setidaknya sekali,” saran dia.

You May Also Like