Hubungan Antara Nikotin dengan Diabetes Tipe 2

rokok, nikotin
rokok, nikotin
Rokok, sumber nikotin.

Bhataramedia.com – Para peneliti dari Universitas Lund, Swedia, telah membuat dua penemuan baru berkaitan dengan kemampuan sel beta untuk melepaskan insulin. Temuan ini juga dapat memberikan penjelasan yang mungkin mengapa perokok memiliki peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian ini dilakukan pada tikus dan donasi sel beta manusia, dan saat ini telah diterbitkan di jurnal ilmiah Cell Reports.

Para peneliti telah menemukan bahwa apa yang disebut dengan reseptor asetilkolin nikotinat (nikotin-sensitif), mempengaruhi pelepasan insulin normal. Mereka juga menunjukkan bahwa perubahan genetik tertentu menjadikan nikotin-reseptor disfungsional, sehingga mempengaruhi jumlah reseptor nikotin-sensitif fungsional yang ditemukan di dalam sel beta. Pengurangan jumlah reseptor fungsional menyebabkan penurunan sekresi insulin, sehingga meningkatkan risiko pengembangan diabetes tipe 2.

“Reseptor di dalam sel beta yang merangsang pelepasan insulin biasanya diaktifkan oleh sinyal senyawa asetilkolin, tetapi mereka juga dapat diaktifkan dengan nikotin. Pentingnya reseptor nikotin-sensitif sebelumnya belum pernah terbukti di dalam hal fungsi sel beta. Penelitian kami menunjukkan bahwa orang yang kekurangan reseptor ini berada pada risiko yang lebih tinggi terkena diabetes tipe 2, “kata Isabella Artner, peneliti di Universitas Lund, yang bertanggung jawab untuk penelitian.

Isabella Artner dan rekan-rekannya juga menemukan bahwa gen Mafa (muscoloaponeurotic fibrosacoma oncogene family A) ditemukan di dalam sel-sel beta penghasil insulin, mengontrol jumlah reseptor nikotin-sensitif dan dengan demikian kemampuan mereka untuk menerima sinyal dari sistem saraf pusat.

“Efek gen tunggal, Mafa, ini sendiri pada sekresi insulin sebelumnya tidak diketahui, dan reseptor nikotin belum pernah terhubung ke diabetes tipe 2,” kata Isabella Artner.

“Kami mengetahui bahwa perokok memiliki peningkatan risiko mengembangkan diabetes tipe 2, tetapi alasan mengapa itu terjadi belum jelas. Mungkin ini ada hubungannya dengan reseptor nikotin-sensitif yang kami jelaskan. Temuan kami menambah pengetahuan tentang hubungan antara merokok dan diabetes tipe 2,” lanjut Isabella Artner, seperti dilansir Lund University (08/03/2016).

Referensi Jurnal :

Elvira Ganic, Tania Singh, Cheng Luan, João Fadista, Jenny K. Johansson, Holly Ann Cyphert, Hedvig Bennet, Petter Storm, Gaëlle Prost, Henrik Ahlenius, Erik Renström, Roland Stein, Leif Groop, Malin Fex, Isabella Artner. MafA-Controlled Nicotinic Receptor Expression Is Essential for Insulin Secretion and Is Impaired in Patients with Type 2 Diabetes. Cell Reports, 2016; 14 (8): 1991 DOI: 10.1016/j.celrep.2016.02.002.

You May Also Like