Kadar Zinc yang Rendah Pada ASI Berhubungan dengan Masalah Menyusui

asi, menyusui
asi, menyusui
ASI, menyusui.

Bhataramedia.com – Menurut peneliti kesehatan dari Penn State, kadar zinc dalam ASI mungkin dapat dijadikan sebagai indikator fungsi payudara selama menyusui.

Pada penelitian sebelumnya, Shannon L. Kelleher dan rekannya menemukan bahwa protein ZnT2 sangat penting untuk mensekresikan zinc ke dalam ASI, dan wanita yang memiliki mutasi pada gen yang mengkodekan ZnT2 memiliki tingkat zinc yang jauh lebih rendah, menyebabkan defisiensi zinc yang parah pada bayi yang diberi ASI eksklusif.

Mereka juga telah menemukan bahwa pada tikus, hilangnya ZnT2 mengubah komposisi air susu dan secara mendalam mengganggu kemampuan tikus untuk berhasil merawat anak-anaknya.

Saat ini para peneliti telah menemukan bahwa variasi genetik yang mengakibatkan kerugian atau keuntungan, mungkin sering terjadi pada wanita dan dalam beberapa kasus dikaitkan dengan indikator fungsi payudara yang rendah. Mereka berpendapat bahwa dengan mengidentifikasi wanita dengan tingkat zinc yang secara abnormal rendah dalam ASI, mereka mungkin dapat lebih cepat mengenali ibu yang mengalami kesulitan menyusui.

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa dari 54 ibu menyusui, 36 persen memiliki setidaknya satu non-synonymous single nucleotide polymorphism (SNP), atau mutasi, di protein ZnT2, dan bahwa variasi genetik ini dikaitkan dengan tingkat zinc abnormal pada ASI mereka. Dua belas varian ZnT2 yang sebelumnya tidak diketahui diidentifikasi pada peserta, dan lima dari varian ini secara statistik berhubungan dengan tingkat zinc yang abnormal pada ASI.

“Kami tidak tahu bahwa variasi genetik di ZnT2 akan begitu umum,” kata Kelleher, profesor fisiologi seluler, molekuler dan farmakologi, College of Medicine.

Protein ZnT2 mengangkut zinc ke dalam jaringan tertentu dari tubuh, termasuk kelenjar susu. Wanita yang memiliki mutasi, atau SNP, di ZnT2 mungkin mengalami kesulitan menyusui karena zinc diperlukan untuk pertumbuhan kelenjar susu dan fungsi sel-sel epitel susu, serta jalur sekresi. Bahkan jika mereka berhasil menyusui, ASI mereka mungkin akan jumlah zinc yang jauh lebih rendah dari normal, yang dapat menyebabkan defisiensi zinc parah pada bayi yang diberi ASI eksklusif. Bayi yang tidak menerima cukup zinc dalam diet mereka berada dalam bahaya masalah imunologi dan perkembangan.

Pada penelitian ini, di antara 36 persen ibu menyusui ditemukan memiliki setidaknya satu varian genetik di ZnT2, semua memiliki tingkat abnormal zinc yang tinggi atau rendah dalam ASI. Namun, kadar zinc yang abnormal tidak secara otomatis menyiratkan masalah dengan ZnT2, menunjukkan bahwa faktor-faktor lain tetap untuk diidentifikasi. Para peneliti melaporkan hasil mereka di edisi terbaru Journal of Mammary Gland Biology and Neoplasia.

Para peserta dibagi menjadi empat kelompok, sesuai dengan tingkat zinc ASI, dari rendah ke tinggi. Pada kelompok dengan tingkat zinc terendah, peneliti mengidentifikasi varian ZnT2 di 79 persen wanita; pada kelompok dengan tingkat tertinggi, 29 persen wanita memiliki varian ZnT2.

“Hal yang penting, di antara subyek dengan tingkat zinc normal dalam ASI, tidak ada varian ZnT2 yang terdeteksi,” tulis para peneliti, seperti dilansir Penn State (22/12/2015).

Para peneliti juga melihat rasio natrium terhadap kalium (Na / K) dalam ASI karena rasio ini dikenal menjadi indikator disfungsi payudara, termasuk infeksi dan radang payudara. Pada studi ini, 12 persen wanita memiliki varian ZnT2 paling umum, T288S, dan memiliki rasio Na / K secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki variasi dalam ZnT2, sementara 9 persen wanita lain dengan varian ZnT2 yang berbeda dan kurang umum, D103E, memiliki rasio Na / K lebih tinggi daripada wanita tanpa variasi ZnT2, meskipun ini tidak signifikan karena jumlah wanita yang lebih sedikit pada studi dengan varian ini.

Para peneliti mencatat bahwa penelitian ini menunjukkan variasi genetik ZnT2 sebagai modifikator fungsi payudara.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami bagaimana variasi genetik mempengaruhi tingkat zinc dalam ASI dan fungsi payudara, temuan ini merupakan langkah penting untuk mengidentifikasi bayi yang diberi ASI yang berisiko kekurangan zinc sebelum mereka menjadi kekurangan, serta mengidentifikasi wanita yang mungkin memiliki kesulitan menyusui.

Referensi Jurnal :

Samina Alam, Stephen R. Hennigar, Carla Gallagher, David I. Soybel, Shannon L. Kelleher. Exome Sequencing of SLC30A2 Identifies Novel Loss- and Gain-of-Function Variants Associated with Breast Cell Dysfunction. Journal of Mammary Gland Biology and Neoplasia, 2015; 20 (3-4): 159 DOI: 10.1007/s10911-015-9338-z.

You May Also Like