Makan Makanan Buatan Sendiri Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

memasak, buatan rumah
memasak, buatan rumah
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Jika Anda makan lebih banyak makanan yang disiapkan di rumah, Anda dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini menurut penelitian yang dipresentasikan pada American Heart Association Scientific Sessions 2015.

Orang-orang yang makan sekitar dua makan siang atau malam buatan sendiri setiap hari, atau sekitar 11-14 makanan seminggu, memiliki risiko 13 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Apabila dibandingkan dengan orang yang makan kurang dari enam makan malam atau siang buatan sendiri dalam seminggu. Diabetes tipe 2 merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Peneliti tidak memiliki informasi yang cukup untuk memasukkan pola sarapan. Mereka menganalisis data dari hampir 58.000 wanita di Nurses ‘Health Study dan lebih dari 41.000 laki-laki dalam Health Professionals Follow-up Study dan diikuti hingga 36 tahun (1986-2012).

Tak satu pun dari peserta memiliki diabetes, penyakit jantung atau kanker pada awal penelitian.

“Kecenderungan untuk makan makanan yang secara komersial disiapkan di restoran atau makan di luar, telah meningkat secara signifikan selama 50 tahun terakhir di Amerika Serikat,” kata Geng Zong, Ph.D., seorang peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston, Massachusetts.

“Pada saat yang sama, tingkat diabetes tipe 2 juga meningkat,” ungkap dia, seperti dilansir American Heart Association (08/11/2015).

Kumpulan penelitian telah menunjukkan bahwa makan di luar, terutama di restoran cepat saji, terkait dengan kualitas diet yang rendah dan berat badan yang lebih tinggi pada anak-anak dan orang dewasa muda. Pada penelitian ini, para peneliti menunjukkan bahwa makan makanan buatan sendiri dikaitkan dengan berkurangnya berat badan. Sedangkan kegemukan dan obesitas merupakan faktor risiko untuk penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Sementara para peneliti tidak memberikan jumlah tertentu dari makanan buatan sendiri yang harus di makan setiap minggu, Zong mengatakan bahwa “lebih banyak lebih baik.”

You May Also Like