Penemuan genetik baru kemajuan pemahaman tentang kanker prostat

Pita biru, simbol kepedulian terhadap kanker prostat.
Pita biru, simbol kepedulian terhadap kanker prostat.
Pita biru, simbol kepedulian terhadap kanker prostat.

Bhataramedia.com – Suatu penemuan genetik baru dan penting, yang menyoroti bagaimana kanker prostat berkembang dan menyebar, telah dibuat oleh tim peneliti internasional yang dipimpin oleh ilmuwan di Universitas Nottingham.

Kanker prostat adalah salah satu kanker paling umum yang mempengaruhi pria. Di Inggris sekitar satu dari delapan orang akan mengembangkan kanker ini di beberapa titik dalam hidup mereka. Laki-laki yang lebih tua dan orang-orang dengan riwayat keluarga kanker prostat merupakan paling berisiko.

Belum ada cara yang dapat secara akurat membedakan antara kanker prostat tidak ganas yang memerlukan sedikit pengobatan dan kanker prostat agresif yang memerlukan intervensi intensif. Sekarang dalam penelitian baru yang diterbitkan di Oncotarget, tim multi-disiplin di Nottingham, Weill Cornell Medical School, Universitas Lund di Swedia dan Copenhagen University di Denmark, telah mengidentifikasi sebuah gen yang disebut miR137, yang dimatikan dalam sel kanker prostat.

Dilansir University of Nottingham  (26/10/2015), peneliti utama di Nottingham, Dr. Nigel Mongan mengatakan: “Dengan banyaknya orang yang terus meninggal akibat kanker prostat metastatik, ada kebutuhan mendesak untuk mengembangkan cara-cara baru untuk memungkinkan identifikasi dini kanker agresif ketika tumor tersebut tetap terlokalisasi dalam kelenjar prostat, ketika operasi adalah langkah yang paling efektif. Kita juga perlu memastikan bahwa pria dengan penyakit yang tidak ganas tidak menerima pengobatan yang tidak perlu yang dapat menyebabkan kontinensia kemih dan disfungsi seksual. ”

Para peneliti mempelajari peran androgen pada kanker prostat. Androgen adalah molekul sinyal penting, yang memainkan peran penting pada kesehatan pria, melalui pendorongan pengembangan, perbaikan dan regenerasi prostat dan jaringan lain. Namun sinyal androgen yang rusak dan diperkuat dapat memicu kanker prostat dan penyebarannya.

Untuk alasan ini, banyak perawatan kanker prostat yang tersedia ditujukan untuk menghalangi pensinyalan androgen. Namun, resistensi terhadap terapi tersebut merupakan tantangan klinis utama. Gen yang diidentifikasi oleh tim peneliti, yang disebut miR137, dimatikan dalam sel kanker prostat. Fungsinya seperti ‘dimmer saklar’ di sel normal untuk mengurangi pensinyalan androgen.

Pada kanker prostat, di mana miR137 dimatikan, efek pensinyalan androgen. Oleh karena itu, hilangnya miR137 menyebabkan peningkatan sinyal androgen yang memberikan kontribusi untuk inisiasi dan perkembangan kanker prostat.

Penelitian ini juga telah mengidentifikasi banyak target potensial baru untuk obat  generasi berikutnya yang dapat mengobati kanker prostat. Penelitian baru saat ini sedang berlangsung di laboratorium Mongan ini di Nottingham untuk menguji pengaruh dari berbagai perawatan farmakologis dalam studi kanker prostat pra-klinis.

Referens Jurnal :

Nigel P. Mongan et al. MIR137 is an androgen regulated repressor of an extended network of transcriptional coregulators. Oncotarget, October 2015 DOI: 10.18632/oncotarget.5958.

You May Also Like