Bagaimana Cara Melindungi Bayi yang Baru Lahir

ibu dan bayi, anak
ibu dan bayi, anak
Ibu dan anak.

Bhataramedia.com – Ibu yang baru saja melahirkan seorang bayi pasti akan memberikan perlindungannya untuk sang bayi. Akan tetapi, bagi ibu yang pertama kali melahirkan, perlindungan ini malah kadang sedikit berlebihan. Ibu hendaklah mengenal beberapa karakter bayi yang baru lahir, seperti halnya penurunan berat badan yang drastis hingga sepuluh persen dalam minggu pertama. Akan tetapi ini bukanlah pertanda buruk, melainkan sebuah adaptasi bayi kehilangan cairan dari mekonium. Ada beberapa hal lainnya juga yang membuat panik, seperti suhu tubuh yang terkadang panas dan beberapa hal lainnya yang sebenarnya berada dalam kondisi normal.

Selain proteksi pada kesehatan atau keadaan sang bayi, kita juga harus memberikan perlindungan terhadap keamanannya. Saat ini kriminalitas kian meningkat, karena tuntutan kebutuhan semakin meningkat pula. Akhirnya beberapa orang nekat melakukan jalan pintas, berbuat kejahatan untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya yaitu kriminalitas yang akhir-akhir ini menjadi sorotan, perihal website yang menyediakan jual beli anak, serta beberapa akun sosial media yang mencantumkan jual beli anak.

Para orangtua, perlu memperhatikan pula bayi yang baru saja dilahirkannya untuk menjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya kasus seorang bidan yang menjual bayi yang baru lahir, atau penculikan bayi yang baru lahir dengan modus menjadi seorang dokter. Kemudian akhir-akhir ini muncul juga berita tentang tertukarnya bayi yang baru saja lahir di salah satu rumah sakit di Kabupaten Bandung. Menghadapi hal seperti ini, para orangtua perlu sangat memperhatikan bayi yang baru saja dilahirkan. Misalnya memperhatikan tanda lahir atau jika perlu memfoto bayi yang baru lahir sebelum di bawa oleh bidan atau dokter.

Memberikan perlindungan bagi sang bayi memang suatu kewajiban bagi orangtua. Akan tetapi, orangtua juga harus pandai memilah proteksi mana yang harus segera ditindak lanjuti dan mana yang hanya cukup kita perhatikan saja. karena bayi yang baru lahir adalah titipan dari Tuhan yang baru saja di titipkan sehingga para orangtua wajib untuk bertanggung jawab terhadap titipan tersebut.

You May Also Like