Ibu Hamil Sakit Maag? Coba Obat Ini

Posisi tidur ibu hamil. (Credit: maternityinstitute.com)
Posisi tidur ibu hamil. (Credit: maternityinstitute.com)
Ilustrasi. (Credit: maternityinstitute.com)

Bhataramedia.com – Penyakit maag bisa menimpa siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Mual dan muntah-muntah yang terjadi pada ibu hamil terutama mereka yang tengah hamil muda bisa mengakibatkan menurunnya selera makan. Hal ini berdampak pada kurangnya asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil, sehingga hal ini berujung pada timbulnya penyakit maag atau semakin membuat parah kondisi maag yang memang sebelumnya mempunyai riwayat maag.

Penyakit maag yang dialami oleh ibu hamil ini sebaiknya segera diatasi karena bila dibiarkan semakin parah bisa berdampak pada kesehatan janin juga. Penyakit maag ini tidak boleh disepelekan, karena maag yang dibiarkan bisa berubah menjadi maag kronis atau akut. Kekhawatiran terbesar bagi ibu hamil dalam mengobati penyakit maagnya adalah masalah obat maag itu sendiri. Mereka takut kandungan senyawa kimia dalam obat maag tersebut justru dapat membahayakan kehamilannya. Berikut ini beberapa obat maag yang bisa ibu hamil konsumsi tanpa harus mengkhawatirkan kondisi kehamilannya.

Obat Maag Yang Mengandung Antisida

Maag adalah masalah kesehatan yang ditimbulkan karena produksi asam lambung meningkat. Salah satu cara untuk mengobati penyakit maag dengan menangani sumber munculnya masalah maag yaitu mengurangi atau menetralisir kadar asam lambung yang diproduksi. Obat maag yang memiliki kandungan antisida yakni senyawa kimia yang dapat menetralisir adalah pilihan yang tepat. Obat maag jenis ini pun bisa dipilih ibu hamil untuk mengobati masalah maagnya yang mengganggu. Akan tetapi, ingatlah untuk memilih obat maag yang hanya mengandung antisida saja. Hindari obat-obatan maag yang kandungannya terdiri dari berbagai senyawa kimia.

Perasan Air Kunyit

Rempah-rempah yang berwarna kuning ini dapat mengobati maag. Caranya yaitu dengan membuat menyiapkan dua batang kunyit yang telah dibersihkan. Kupas kulit kunyit dan parutlah sampai habis. Lalu parutan kunyit tersebut diberi air matang secukupnya. Kemudian peraslah sampai tersedia dua buah gelas air kunyit. Dan minumlah perasan air kunyit ini sebelum makan, minimal dua kali dalam sehari.

Selain dengan obat-obatan baik itu obat kimia maupun obat alami. Maag pada ibu hamil pun dapat diobati dengan pola makan dan istirahat yang teratur. Gejala mual dan muntah pada ibu hamil biasanya terjadi pada pagi hari. Karena itu, ibu hamil bisa memanfaatkan waktu siang hari sampai malam hari untuk mencukupi asupan makanannya. Sehingga lambung tidak kosong dan produksi asam lambung pun terkontrol.

You May Also Like