Inilah Referensi Musik Klasik Untuk Ibu Hamil

musik, lagu, tangga nada
musik
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Menjadi seorang ibu hamil tidaklah mudah. Tanggung jawab yang besar untuk menjaga kesehatan kandungannya merupakan suatu amanat yang harus dipikul ibu hamil. Berbagai masalah kesehatan yang muncul pun harus segera diatasi dengan baik agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan kandungan. Selain itu, masalah lainnya yang terjadi dalam kehidupan pun menambah beban bagi ibu hamil. Tak jarang ibu hamil menjadi stress dan membutuhkan sedikit refreshing untuk menenangkan dirinya.

Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk membuatnya merasa rileks. Sebenarnya tak masalah mengenai genre musik atau pun jenis musik yang di dengarkan oleh ibu hamil. Namun ternyata, menurut penelitian musik klasik lebih tepat untuk didengarkan oleh ibu hamil. Manfaat musik klasik yang utama bagi ibu hamil adalah membuat ibu hamil merasa lebih tenang dan sebagai obat penghilang stress akibat berbagai tekanan yang terjadi selama masa kehamilan.

Musik klasik tak hanya membuat ibu hamil merasa rileks saja namun juga bermanfaat bagi kesehatan kandungannya. Musik klasik dinilai memberikan sisi positif oleh para peneliti bagi perkembangan janin dalam kandungan. Salah satunya yakni berdampak baik dalam meningkatkan kecerdasan janin selama dalam kandungan.

Selain itu, menurut penelitian musik klasik juga sangat bagus bagi perkembangan komunikasi bayi pada masa mendatang. Hal ini karena musik klasik yang biasa didengarkannya selama dalam masa kandungan membuat otak janin mengalami perkembangan yang baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi si bayi nantinya. Musik klasik juga merangsang perkembangan syaraf motorik yang akan membuat bayi yang dilahirkan nantinya lebih aktif dalam bergerak.

Berikut ini beberapa referensi musik klasik yang dapat ibu hamil dengarkan :

Wolfgang Amadeus Mozart

Lagu-lagu klasik dari musisi legendaris ini bisa menjadi pilihan untuk didengarkan oleh ibu hamil. Misalnya saja seperti judul-judul lagu yang ada di bawah ini :

o Turkish Dance
o Piano Concerto No. 21
o Wedding March
o Symphony No. 40 in G minor

Ludwig van Beethoven

Beethoven merupakan musisi musik klasik lainnya yang tak kalah hebatnya dengan mozart. Musisi asal Jerman ini lagu-lagu klasiknya sangat cocok didengarkan oleh ibu hamil, seperti lagi-lagu berikut ini. :

o Moonlight Sonata
o 16 String Quartets
o Fur Elise
o 9 Symphonies

Nah, itulah beberapa referensi musik klasik yang dapat menemani hari-hari bunda pada saat hamil. Semoga ini bermanfaat.

You May Also Like