Inilah Daftar Makanan Bayi 9 Bulan

bayi, makan, bubur

Table of Contents

bayi, makan, bubur
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Bayi yang sudah memasuki usia sembilan bulan kini asupan makanannya tak hanya dari air susu ibu saja. Namun makanan pendamping air susu ibu pun boleh dikonsumsi oleh bayi berusia sembilan bulan ini. Tak hanya makanan pendamping yang bertekstur halus saja, bayi berusia sembilan bulan disarankan untuk mengkonsumsi makanan bertekstur kasar. Hal ini dimaksudkan agar bayi sembilan bulan belajar untuk mengunyah makanannya terlebih dahulu dan juga merangsang pertumbuhan gigi.

Berikut ini resep makanan untuk bayi yang biasa Anda buat untuk bayi kesayangan Anda :

Bubur Pir

Bubur yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A karena terbuat dari bahan wortel, buah pir, perasan air jeruk manis dan yoghurt. Cara memasaknya pun sangat mudah cukup dengan mengukus saja. Namun sebelum masuk tahap mengukus, sebaiknya Anda sediakan terlebih dahulu bahannya. Yakni sekitar 50 gram buah pir dan wortel yang telah dikupas kulitnya serta dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian buah pir dan wortel dipotong-potong dalam ukuran kecil. Lalu sediakan juga perasan air jeruk manis sebanyak delapan sendok makan saja dan sediakan pula yoghurt tawar sebanyak tiga sendok makan saja. Semua bahan tersebut lalu dihaluskan sampai benar-benar lembut dengan menggunakan blender. Setelah selesai, tuangkan ke dalam mangkuk dan kukus sampai matang sekitar lima belas menit.

Puding Pisang Ambon

Jangan biarkan bayi Anda bosan mengkonsumsi bubur terus-menerus. Berikanlah makanan lain selain bubur agar dia tak merasa bosan. Salah satunya dengan memberikan kudapan manis bernama Puding Pisang Ambon ini. Anda hanya memerlukan bahan-bahan berikut, yaitu tiga buah pisang ambon, keju parut sebanyak 50 gram, susu cair murni sebanyak 150cc, dan tiga lembar roti. Disarankan untuk menggunakan roti tawar yang terbuat dari gandum dan mudah untuk disobek.

Setelah semua bahan-bahan tersedia, langkah berikutnya yakni menghaluskan pisang ambon terlebih dahulu bisa dengan menggunakan blender. Lalu tambahkan roti tawar ke dalam pisang ambon dan haluskan kembali. Kemudian masukkan susu cair murni dan keju parut ke dalam campuran bahan sebelumnya, haluskan sampai rata. Setelah semua bahan halus dan tercampur rata, tuangkan ke dalam wadah yang tahan panas. Anda tinggal mengukusnya selama sepuluh sampai lima belas menit.

You May Also Like