Mau Masuk PTN, Ini Lima Strategi Jitu Lolos SBMPTN

mahasiswa, ujian, belajar, pendidikan
mahasiswa, ujian, belajar, pendidikan
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Mau menjadi mahasiswa perguruan tinggi negeri sudah menjadi impian banyak pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. Namun, karena persiapan yang kurang matang, banyak dari mereka yang tidak lolos, dan terpaksa harus masuk ke perguruan tinggi swasta. Maka dari itulah selagi belum terlambat, menuju tes SBMPTN (Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) perlu dipersiapkan sejak ini. Lalu bagaimana tips jitu agar kita bisa lolos SBMPTN, berikut ulasannya:

Coba kenali kampus

Jangan terburu-buru latihan soal tes SBMPTN, tetapi kenali terlebih dahulu bagaimana informasi tentang kampus tujuan kita. Bagaimana dengan mahasiswanya, dan usahakan kita memiliki teman atau rekan yang bisa dijadikan referensi tentang mahasiswa baru di sana.

Cobalah cari soal SBMPTN tahun lalu

Langkah yang ke dua adalah dengan mencari referensi soal-soal tahun lalu, utamanya SBMPTN yang ada. Sebagai bahan referensi kita perlu juga untuk mengerjakan soal-soal dan sejauh mana jawaban kita berhasil. Carilah teman yang lebih memahami untuk mengoreksi hasil jawaban kita.

Evaluasi hasil belajar

Setelah kita berhasil mengerjakan soal-soal, mintalah guru privat atau guru kita di sekolah untuk mengevaluasi hasil belajar kita. Sehingga kita punya target, harus berapa soal yang harus dijawab dengan benar agar bisa layak masuk perguruan tinggi negeri yang kita inginkan.

Ikut Try Out

Salah satu untuk menguatkan mental kita saat tes adalah dengan mengikuti try out yang biasanya sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan privat tertentu. Tujuannya agar kita mampu membaca potensi dan peluang kita saat bersaing bersama ribuan calon mahasiswa dari seluruh Indonesia ke beberapa kampus yang kita inginkan.

Cermati kelemahan kita dan kelebihan pesaing kita

Terakhir, amati dimana kelemahan kita dan kelebihan pesaing kita. Seperti dalam hal waktu, materi, soal, dan pilihan jurusan. Seringkali banyak jurusan yang jarang diminati oleh orang, justru disanalah peluang kita agar bisa masuk ke perguruan tinggi negeri yang kita inginkan.

Maka dari itulah, cermatilah segala potensi dan peluang yang ada agar kita bisa masuk ke perguruan tinggi negeri yang kita impikan. Semoga berhasil.

You May Also Like