Ingin Memperbanyak ASI Sebelum Melahirkan? Simak Tips Ini

asi, menyusui
asi, menyusui
ASI.

Bhataramedia.com – Memperbanyak ASI (air susu ibu) sebelum melahirkan perlu untuk dipersiapkan dengan baik. ASI atau air susu ibu merupakan asupan minuman yang paling diperlukan oleh bayi. Berbagai kandungan gizi dan nutrisi di dalam air susu ibu ini sangatlah penting untuk bayi.

Akan tetapi sayangnya, tak sedikit ibu yang mengalami kesulitan dalam memberikan ASI bagi bayinya yang baru lahir. ASI yang keluar hanya sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Memang untuk mengatasi hal tersebut ada susu formula yang bisa diberikan kepada bayi untuk sementara waktu. Akan tetapi, kewajiban memberikan ASI minimalnya selama enam bulan wajib untuk dilaksanakan.

Karena itu, diperlukan persiapan jauh-jauh hari terutama dalam pada masa kehamilan. Salah satunya dengan cara memperbanyak asi sebelum melahirkan yang akan diulas dalam artikel ini. Khususnya bagi Anda yang dalam masa kehamilan dan mempersiapkan kehadiran sang buah hati.

1. Bersihkan Area Puting

Membersihkan payudara perlu untuk dilakukan terutama di area puting. Puting merupakan tempat keluarnya ASI. Jangan sampai ASI tidak keluar karena area puting yang merupakan tempat keluarnya ASI tersebut tersumbat oleh kotoran pada area puting yang menumpuk. Karenanya, Anda harus rajin membersihkan area puting, gunakan baby oil agar kotoran di area puting luruh.

2. Memijat Payudara

Cara lainnya untuk memperbanyak air susu ibu adalah dengan rutin memijat payudara. Pijatan yang dilakukan pada payudara akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Memijat payudara juga bisa dengan menggunakan baby oil.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Sebaiknya saat tengah hamil mengurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi. Selain itu, hindari minuman-minuman bersoda.

4. Bahan-bahan Herbal

Produksi air susu ibu dapat ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi bahan-bahan herbal yang ampuh untuk memperbanyak air susu ibu. Seperti mengkonsumsi daun katuk yang umum digunakan oleh masyarakat untuk memperbanyak air susu ibu. Daun katuk ini dapat dikonsumsi sejak masa kehamilan dengan cara dimasak terlebih dahulu, namun jangan terlalu matang dalam proses memasaknya. Daun katuk dapat di masak dengan cara ditumis atau dimakan begitu saja sebagai lalapan.

Selain daun katuk bahan herbal lainnya yang dipercayai berkhasiat memperbanyak air susu ibu adalah daun arbei atau daun murbei, kubis hijau yang segar dan akar jombang atau bunga dandelion.

5. Pola Hidup Sehat

Pola hidup ternyata berpengaruh terhadap produksi air susu ibu. Pola hidup yang sehat dapat meningkatkan produksi air susu ibu. Sebaliknya pola hidup yang tidak sehat justru akan menyebabkan produksi air susu ibu menurun.

Karena itu biasakan pola hidup sehat sejak masa kehamilan. Misalnya saja dengan tidak merokok dan rajin berolahraga. Terutama sekali melakukan senam kehamilan yang khususnya merasang produksi air susu ibu pada payudara.

6. Tidak Menggunakan Bra Yang Ketat

Penggunaan bra yang terlalu ketat tidak sehat bagi payudara. Tak hanya itu dapat menyebabkan sakit pada bahu dan punggung.
Itulah cara memperbanyak ASI sebelum melahirkan yang dapat dilakukan. Hal-hal di atas tentunya mudah untuk dilakukan? Apalagi untuk kesehatan bayi Anda, tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik. Karenanya lakukan secara rutin dan teratur supaya saat Anda melahirkan produksi ASI pun meningkat dan kebutuhan ASI bayi Anda nantinya dapat terpenuhi.

You May Also Like