Cara Gen Faktor Risiko Skizoprenia Mempengaruhi Otak

otak

Bhataramedia.com – Para ilmuwan untuk pertama kalinya telah menunjukkan bagaimana gangguan dari suatu gen kunci, terlibat di dalam dampak penyakit mental pada otak.

Penemuan ini dapat digunakan di masa depan untuk membantu mengembangkan obat kejiwaan.

Gen DISC1 merupakan faktor risiko untuk sejumlah penyakit mental utama, termasuk skizofrenia, depresi dan gangguan bipolar.

Studi pencitraan otak telah mengungkapkan bahwa penyakit-penyakit tersebut melibatkan perubahan, baik di dalam struktur dan konektivitas otak.

Studi genetik dari beberapa generasi pada satu keluarga di Skotlandia yang terpengaruh oleh penyakit kejiwaan, telah mengungkapkan bahwa penyakit ini terhubung dengan gangguan pada gen DISC1, meskipun tidak jelas bagaimana hal ini terjadi.

Untuk pertama kalinya, para ahli saraf telah menunjukkan bahwa gangguan pada gen DISC1 secara signifikan mengubah organisasi dari jaringan otak fungsional.

Peneliti utama, Dr. Neil Dawson dari Lancaster University mengatakan: “Data kami sangat menunjukkan bahwa gangguan DISC1 adalah peristiwa molekuler kunci yang dapat berkontribusi terhadap munculnya perubahan penyakit yang relevan dengan fungsi otak.”

“Melalui studi ini kami telah mampu mendefinisikan defisit di dalam fungsi otak dan konektivitas fungsional yang dihasilkan dari gangguan pada gen DISC1 dan relevan dengan berbagai gangguan kejiwaan,” jelas Dr. Dawson, seperti dilansir Lancaster University (22/05/2015).

Dia mengatakan bahwa hal tersebut termasuk perubahan yang terkait skizofrenia di dalam fungsi otak, konektivitas jaringan otak fungsional dan fungsi sistem neurotransmitter glutamat.

Temuan yang menunjukkan perubahan pada otak pasien skizofrenia ini, dapat membuka jalan menuju pengembangan pengobatan obat baru.

Penelitian ini diterbitkan di Nature’s Translational Psychiatry.

Referensi :

N Dawson, M Kurihara, D M Thomson, C L Winchester, A McVie, J R Hedde, A D Randall, S Shen, P A Seymour, Z A Hughes, J Dunlop, J T Brown, N J Brandon, B J Morris, J A Pratt. Altered functional brain network connectivity and glutamate system function in transgenic mice expressing truncated Disrupted-in-Schizophrenia 1. Translational Psychiatry, 2015; 5 (5): e569 DOI: 10.1038/tp.2015.60.

You May Also Like