Tips Agar Pare Tidak Pahit

pare

Bhataramedia.com – Pare, mendengar namanya saja kebanyakan orang akan teringat dengan rasa pahit yang dimiliki oleh sayuran yang satu ini. Namun dibalik rasa pahitnya itu terdapat banyak manfaat luar biasa yang dimiliki oleh pare. Pare ini sangat bermanfaat, terutama sekali untuk kaum hawa. Misalnya saja untuk wanita yang ingin menurunkan berat badannya secara sehat bisa dengan mengkonsumsi pare.

Selain itu, pare juga sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit dan rambut. Diantaranya seperti membuat rambut menjadi lebih berkilau dan solusi bagi rambut berketombe, rambut berminyak serta rambut kusut.

Tak cukup disitu saja, pare pun dipercayai dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Seperti penyakit diabetes, asma dan menjaga kesehatan jantung. Tapi, rasa pahit yang dimiliki oleh sayuran ini membuat kebanyakan orang tidak mau mengkonsumsi pare.

Padahal ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahit pada pare. Seperti apa caranya? Berikut ini tips selengkapnya.

1. Garam

Bumbu dapur yang satu ini bisa digunakan untuk membuat pare yang akan dikonsumsi menjadi tidak pahit. Caranya pun sangat mudah yakni dengan memotong-motong pare terlebih dahulu. Kemudian taburkan garam secukupnya pada pare yang telah dipotong-potong sebelumnya. Biarkan sekitar sepuluh menit atau lebih, agar garam meresap pada pare tersebut. Setelah itu, pare tinggal dicuci saja sampai benar-benar bersih.

2. Gula Pasir

Gula pasir ini tak hanya berguna untuk memberikan rasa manis pada teh atau kopi saja. Namun, gula pasir pun ampuh mengurangi rasa pahit yang terdapat pada pare. Tahapan menggunakan gula pasir pada pare, hampir mirip dengan menggunakan garam. Yakni, dengan memotong-motong pare sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Lalu taburkan gula pasir secukupnya pada pare sambil meremas-remasnya. Setelah selesai, langsung cuci sampai bersih dan olah menjadi masakan yang diinginkan.

3. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji selama ini dikenal dengan khasiatnya untuk membantu mengatasi diare, perut kembung dan sariawan. Namun ternyata daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Caranya yaitu dengan merebus pare dengan beberapa lembar daun jambu biji. Rebuslah sampai keduanya benar-benar layu.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Selain tips diatas, cara pengolahan dalam memasak maupun bumbu masakan tertentu bisa mengurangi rasa pahit pada pare.

You May Also Like