Tips Tidur Tepat Waktu

tidur

Bhataramedia.com – Tidur merupakan aktivitas makhluk hidup untuk mengistirahatkan tubuhnya setelah beraktivitas seharian. Waktu tidur yang tepat bagi orang dewasa yakni dimulai dari pukul sepuluh malam sampai pukul lima pagi. Tidur selama delapan jam seharian merupakan waktu tidur ideal bagi orang dewasa. Akan tetapi tidak semua orang bisa tidur tepat waktu. Ada sebagian orang yang kesulitan untuk tidur tepat waktu. Bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki masalah tidur seperti insomnia. Padahal tidur tepat waktu sangatlah bermanfaat bagi kesehatannya. Sebaliknya tidak tidur tepat waktu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Apakah Anda termasuk orang yang kesulitan tidur dengan tepat waktu? Tips tidur tepat waktu seperti yang dikutip dari okezone.com sebagai berikut ini bisa membantu Anda yang kesulitan tidur.

Mendengarkan lagu yang bernada sendu bisa membuat pikiran Anda merasa rileks dan dengan perlahan rasa kantuk pun mulai datang. Pilih lagu dari penyanyi atau grup band kesukaan Anda. Jika kebetulan mereka tidak memiliki lagu yang bernada sendu, maka cobalah cari versi akustik dari lagu mereka. Sehingga Anda merasa nyaman dan bisa tidur dengan tepat waktu.

Aktivitas sehari-hari Anda dapat berpengaruh terhadap waktu tidur Anda. Hal ini dikarenakan semua kegiatan sehari-hari Anda akan tersimpan dengan baik pada memori otak. Misalnya saja Anda yang terbiasa tidur pada dini hari, maka otak pun tanpa Anda sadari akan memerintahkan tubuh Anda untuk tidur pada waktu yang sesuai dengan kegiatan rutin Anda. Oleh karena itulah, sangatlah penting bagi Anda untuk mengubah kegiatan rutin yang pada akhirnya menjadi kebiasaan-kebiasaan jelek yang perlu untuk diperbaiki dan diubah.

Sebelum tidur, cobalah untuk mengatur AC di kamar Anda dengan suhu yang sejuk namun tidak terlalu dingin. Suhu ruangan yang panas akan membuat penghuninya merasa kegerahan dan tidak membuat nyaman untuk tidur. Berbeda dengan suhu ruangan yang sejuk yang akan membuat penghuni kamar merasa nyaman berada dibalik selimutnya, sehingga membuatnya dapat tidur tepat waktu.

You May Also Like