Bagaimana Cara Mengetahui Keberadaan Kutu Busuk ?

Kutu busuk dan telurnya. (Credit: American Academy of Dermatology)

Bhataramedia.com – Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan U.S. Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat menyatakan bahwa terjadi peningkatan yang mengkhawatirkan dalam jumlah populasi kutu busuk (kepinding/bangsat/tinggi/tumila). Selain ditemukan di rumah pribadi, seperti apartemen dan rumah keluarga tunggal, kutu busuk juga semakin berkembang di restoran, hotel, rumah sakit, dan sekolah-sekolah serta tempat penitipan anak.

“Meskipun kutu busuk biasanya tidak memerlukan perhatian medis yang serius, namun parasit dapat menyebabkan banyak kecemasan dan kegelisahan di malan hari,” kata Seemal R. Desai, MD, FAAD, dokter kulit yang mempunyai praktik pribadi di Plano, Texas dan juga sebagai asisten profesor dermatologi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center. “Tanda paling umum dari kutu busuk adalah memiliki bekas gigitan pada tubuh Anda, yang kadang-kadang bisa berubah menjadi bilur gatal.”

Untuk membantu menemukan kutu busuk sebelum parasit ini menggigit anda Anda (dan hidup di barang-barang Anda), Dr. Desai merekomendasikan mencari tanda-tanda berikut di dekat tempat di mana Anda tidur:

  1. Bau apek dan manis : Jika Anda mencium, bau apek dan manis di kamar hotel Anda, kabin kapal pesiar, atau ruang tidur lainnya, mungkin ada sejumlah besar populasi kutu busuk berat di dalam ruangan tersebut. Kutu busuk memproduksi bahan kimia untuk membantu berkomunikasi, meskipun demikian tidak semua orang peka terhadap bau ini.
  2. Bintik darah di tempat tidur, kasur, atau furnitur berlapis : Perhatikan baik-baik selimut Anda, seprai dan kasur bantalan, dan kemudian memeriksa kasur. Apakah ada bintik darah di mana saja, terutama di dekat jahitannya? Jika demikian, mungkin ada kutu busuk. Anda juga harus memeriksa bintik darah pada semua furnitur berlapis, termasuk sofa dan sandaran kepala.
  3. Eksoskeleton : Kutu busuk memiliki kulit terluar yang akan mengelupas pada waktunya. Apakah Anda melihat seperti sisa-sisa cangkang di kasur, bantalan kasur atau di bawah bantal sofa?
  4. Kecil, bintik kehitaman : Jika Anda melihat bintik kehitaman di tempat tidur, kasur, atau kepala, bisa jadi itu merupakan kotoran kutu busuk.
  5. Telur : Setelah kawin, kutu busuk betina meletakkan telur berbentuk oval dan berwarna putih di sekitar celah-celah. Perlu diingat bahwa telur ini sangat kecil, seperti halnya kutu busuk yang hanya seukuran biji apel.

“Kebanyakan orang akan mendapati atau terkena gigitan kutu busuk ketika sedang bepergian, sehingga penting bagi kita untuk mengawasi tempat yang kita singgahi dari keberadaan kutu busuk,” kata Dr. Desai. “Jika Anda memiliki banyak gigitan atau gigitan yang terlihat terinfeksi, maka anda harus segera berkonsultasi dengan dokter kulit. Seorang dokter kulit dapat mengobati infeksi dan membantu meringankan gatal akibat gigitan kutu busuk.” Pungkasnya, seperti dimuat laman American Academy of Dermatology.

You May Also Like