Timbang Diri Anda Seminggu Sekali untuk Menjaga Berat Badan

berat badan

Bhataramedia.com – Menimbang berta badan sangat umum dilakukan oleh para pelaku diet dan frekuensi menimbang ternyata kemungkinan berdampak terhadap berat badan. Studi baru di PLOS ONE menunjukkan bahwa lebih sering pelaku diet menimbang berat badan, semakin banyak berat badan yang hilang. Jika peserta lebih dari seminggu tidak menimbang berat badan mereka, mereka akan mengalami penambahan berat badan.

Dilansir Cornell Food & Brand Lab (17/12/2014), para peneliti telah menganalisis 2.838 pengukuran berat badan (sebanding denga satu tahun pengukuran) dari 40 orang kelebihan berat badan (dengan indeks massa tubuh 25 atau lebih) yang memiliki tujuan atau perhatian pribadi untuk menurunkan berat badan.

Para peneliti menemukan bahwa penurunan berat badan berhubungan dengan seberapa sering individu menimbang diri sendiri. “Semakin sering Anda menimbang diri Anda, lebih banyak Anda kehilangan berat badan,” kata memimpin penelitian, Elina Helander dari Tempere Univeristy of Technology di Finlandia.

Penelitian observasional ini tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat, ada kemungkinan bahwa pelaku diet kurang serius menimbang berat sendiri atau pelaku diet yang tidak kehilangan berat badan berhenti menimbang berat sendiri. Rata-rata waktu yang dibutuhkan peserta untuk menimbang berat mereka tanpa mengalami kenaikan berat badan adalah 5,8 hari atau sekitar satu minggu.

Temuan sebelumnya oleh tim peneliti

Timbang diri Anda setidaknya sekali seminggu jika Anda ingin menurunkan berat badan dan menimbang berat Anda setiap hari dapat membantu Anda tetap berada di jalur. Penelitian sebelumnya oleh tim peneliti yang sama menemukan bahwa berat badan Anda secara alami berfluktuasi sepanjang minggu dan kebanyakan orang mengalami sedikit kelebihan berat badan pada hari Rabu.

“Intinya adalah jika Anda ingin menurunkan berat badan, hal yang paling baik dilakukan adalah menimbang diri sendiri setiap hari. Namun, jika Anda menimbang berat badan hanya sekali seminggu, lakukanlah pada hari Rabu karena itu akan memberikan pembacaan yang paling akurat,” saran Brian Wansink, Ph.D., Direktur Cornell Food and Brand Lab dan penulis Slim by Design: Mind Eating Solutions for Everyday Life advises.

You May Also Like