Secangkir Kopi Sehari Cegah Kerusakan Retina

kopi

Bhataramedia.com – Ada kabar baik bagi anda pecinta kopi. Para ilmuwan mengatakan bahwa konsumsi kopi harian dapat mencegah kerusakan penglihatan dan kemungkinan kebutaan dari degenerasi retina akibat glaukoma, penuaan dan diabetes.

Kopi mentah rata-rata hanya mengandung 1 persen kafein. Selain itu, kopi mentah juga mengandung 7 sampai 9 persen asam klorogenat (CLA), antioksidan kuat yang mencegah degenerasi retina pada tikus. Hal tersebut berdasarkan studi dari Cornell University yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry (Desember 2013).

Retina merupakan lapisan jaringan tipis di dalam dinding belakang mata. Retina memiliki jutaan sel peka cahaya dan sel-sel saraf lainnya yang menerima dan mengatur informasi visual. Retina juga merupakan salah satu jaringan yang paling aktif secara metabolik, sehingga jaringan retina membutuhkan tingkat oksigen yang tinggi dan membuatnya rentan terhadap stres oksidatif. Kurangnya oksigen dan produksi radikal bebas menyebabkan kerusakan jaringan retina yang memicu hilangnya penglihatan.

Di dalam studi tersebut, mata tikus diberi perlakuan dengan oksida nitrat. Senyawa ini menciptakan stres oksidatif dan radikal bebas yang menyebabkan degenerasi retina. Hal yang menarik adalah tikus yang sebelumnya diberi perlakuan dengan asam klorogenat (CLA) tidak mengembangkan kerusakan retina pada saat diberi oksida nitrat.

“Penelitian ini memiliki peran penting untuk memahami makanan fungsional, yaitu makanan alami yang memberikan efek kesehatan yang menguntungkan. Kopi adalah minuman paling populer di dunia dan kita memahami manfaat yang dapat kita ambil dari kopi,” kata Chang Y. Lee, seorang profesor ilmu makanan dan penulis senior studi tersebut, seperti dilansri laman berita Cornell University (28/4/2014).

Pada penelian ini, Lee bekerja sama dengan Holim Jang, seorang mahasiswa pascasarjana di laboratorium Lee yang merupakan penulis utama dari naskah penelitian tersebut. Lee juga bekerja sama dengan Sang Hoon Jung, seorang peneliti di Functional Food Center dari Korea Institute of Science and Technology di Korea Selatan.

Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa asupan kopi dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti Parkinson, kanker prostat, diabetes, Alzheimer dan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa CLA dan senyawa metabolitnya dapat diserap di dalam sistem pencernaan manusia. Sehingga, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah untuk menentukan apakah CLA dapat langsung masuk ke retina melalui membran yang dikenal sebagai penghalang darah-retina. Jika CLA terbukti dapat langsung masuk ke dalam retina, di masa depan dokter dapat merekomendasikan minuman yang tepat untuk mencegah kerusakan retina. Selain itu, jika penelitian di masa akan datang dapat lebih membuktikan khasiat CLA, maka senyawa sintetik juga dapat dikembangkan dan digunakan pada obat tetes mata.

Penelitian ini didanai oleh Korea Institute of Science and Technology.

Referensi Jurnal :

Holim Jang, Hong Ryul Ahn, Hyoung Jo, Kyung-A Kim, Eun Ha Lee, Ki Won Lee, Sang Hoon Jung, Chang Y. Lee. Chlorogenic Acid and Coffee Prevent Hypoxia-Induced Retinal Degeneration. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2014; 62 (1): 182 DOI: 10.1021/jf404285v.

You May Also Like