4 Kesalahan Wanita Dalam Menurunkan Berat Badan

berat badan

Bhataramedia.com – Tampil cantik dengan tubuh indah adalah idaman setiap wanita. Sayangnya program diet wanita yang dilakukan terkadang kurang tepat. Sehingga bukan langsing dan seksi yang terlihat dari tubuh. Tapi justru badan semakin gemuk karena berat badan yang terus meningkat. Menjalani diet menurunkan berat badan memang tidak mudah, karena sangat dibutuhkan kedisiplinan tinggi, konsistensi dan kesabaran dalam menjalaninya. Yang terpenting anda menerapkan pola diet yang tepat dan menjalaninya dengan baik. Sehingga hasil memuaskan bisa anda dapatkan.

Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan wanita ketika sedang dalam program diet? Berikut ini uraiannya seperti dilansir dari laman Women’s Health (3/4/2014).

1. Konsumsi roti panggang dengan baluran mentega

Wanita suka mengonsumsi roti panggang yang dilumuri mentega saat sarapan pagi dan kemudian langsung beraktifitas. Pola makan ini kurang tepat, sebaiknya anda menyantap menu sarapan berupa yogurt dan buah berry, daging kalkun asap dan telur bersama campuran keju kambing, asparagus serta ikan salmon asap. Karena sajian tersebut kaya protein yang sangat diperlukan dalam melancarkan aktifitas, meningkatkan kemampuan memori dan lain sebagainya. Asupan roti panggang dan baluran mentega sangat miskin protein, karena sangat merugikan jika anda rutin mengonsumsinya setiap pagi.

2. Malas melakukan latihan berat

Banyak anggapan wanita kalau menurunkan berat badan hanya perlu dengan latihan kardio (latihan ringan tanpa perlu peralatan khusus, misalnya jogging) saja tanpa melakukan latihan angkat beban. Padahal para ahli kesehatan sangat sepakat jika latihan angkat beban adalah cara paling efektif dalam menurunkan berat badan. Karena kalori yang bisa dibakar akan lebih banyak dibandingkan hanya melakukan latihan kardio saja.

Bagi sebagian mereka yang menyadari arti penting latihan angkat beban, tentunya akan segera melakukan latihan tersebut. Sayangnya juga terkadang masih ditemukan kekeliruan berupa mengangkat beban ringan dengan repetisi banyak. Sebaiknya anda ubah pola tersebut karena cenderung tidak efektif. Jika anda ingin membakar kalori lebih banyak, seharusnya yang anda lakukan adalah mengangkat beban paling berat menurut kekuatan anda dan lakukan repetisi atau pengulangan yang lebih sedikit.

3. Tidak makan sebelum beraktivitas

Kebiasaan salah terkadang dilakukan para wanita yang ingin tampil langsing. Mereka cenderung mengorbankan kesehatan demi tampil seksi dengan mengurangi makan secara ekstrim. Padahal cara ini sangat salah, karena tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi dan gizi seimbang setiap harinya. Jadi pastikan anda menyantap makanan sehat secara teratur sesuai jam makan sebelum menjalankan beragam aktifitas seperti bekerja, olahraga dan sebagainya. Penelitian ilmiah dari University of Arkansas membuktikan wanita yang konsumsi makanan dengan protein tinggi 30 menit sebelum olahraga bisa membakar jumlah kalori lebih banyak, dibandingkan mereka yang enggan menyantap makanan sebelum berolahraga. Untuk hasil optimal dalam penurunan berat badan, disarankan anda bergabung dengan kelompok orang yang secara serius sedang menjalani program diet. Sehingga anda bisa melakukan olahraga bersama, sharing mengenai cara diet terbaik dan sebagainya.

4. Terlalu stres akibat memikirkan berat badan

Pengaruh mental sangat penting dalam program penurunan berat badan. Karenanya anda harus bisa menjaga kestabilan emosi anda, jangan sampai terjerumus pada kondisi stres dan rasa cemas berlebihan. Jangan terlalu memikirkan berat badan anda yang sulit diturunkan, tapi fokuslah pada pola latihan olahraga dan pola makan anda. Sehingga anda merasa tidak terbebani oleh berat badan anda yang sulit susut. Kondisi stres akan membuat nafsu makan anda bertambah besar sebagai pelampiasan emosi anda. Jadi sangat penting untuk selalu melakukan relaksasi pikiran dan tubuh anda, dengan cara istirahat cukup, lakukan kegemaran dan sebagainya.

You May Also Like