Unsur – Unsur Seni Rupa

Unsur – Unsur Seni Rupa

Bhataramedia.com – Seorang seniman pastinya mengetahui betul bahwa setiap seni tentu memiliki unsur, contohnya pada seni rupa yang memiliki beberapa unsur agar dapat membentuk dan menghasilkan karya seni yang bisa dinikmati secara visual. Dan untuk itu, kali ini kita akan membahas unsur – unsur yang ada pada seni rupa sehingga kita lebih bisa mengetahui mengapa sebuah karya seni rupa memiliki nilai estetika yang berbeda – beda. Berikut penjelasannya.

Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu bentuk seni yang ditumpahkan pada sebuah media sehingga dapat kita rasakan dan sentuh menggunakan indra peraba maupun indra pengelihatan. Bahkan menurut para ahli seperti Haukin, mengatakan bahwa seni rupa merupakan imajinasi dan curahan dari ekspresi jiwa manusia kedalam bentuk sebuah benda. Contoh dari seni rupa adalah patung, lukisan dan kerajinan tangan lainnya.

Unsur – Unsur Seni Rupa

Pembuatan seni rupa tidak terlepas dari unsur – unsur yang bersatu hingga membentuk serta menghasilkan karya yang dapat dinikmati. Adapun unsur – unsur dalam pembuatan sebuah karya seni rupa adalah sebagai berikut ini:

  1. Titik

Adalah sebuah unsur mendasar yang melahirkan wujud dengan garis, bidang hingga bentuk. Dan Pointilisme merupakan teknik lukis dengan kombinasi titik, warna dan ukuran.

  1. Garis

Merupakan batas limit suatu benda ruang, massa, warna dan lainnya. Dan menurut Mikke Susanto, garis merupakan perpaduan beberapa titik yang sama besar dan sejajar sehingga menjadi sebuah dimensi yang memanjang dan memiliki arah.

  1. Warna

Suatu kesan yang ditimbulkan mata dan menjadi bagian penting dalam pembuatan karya seni, tereutama seni lukis. Biasanya pelukis menggunakan banyak warna berbeda yang menjadikan itu sebagai ciri khasnya.

  1. Bentuk

Terdapat dua macam yakni:

  • Geometris yang dapat berbentuk kubistis seperti balok dan kubus, silindris seperti kerucut, tabung dan bola.
  • Nongeometris, bentuk yang menirukan objek alam seperti manusia, hewan dan tumbuhan.
  1. Bidang

Evolusi dari garis sehingga membentuk sebuah bidang dengan panjang, lebar hingga ukuran.

  1. Ruang

Kumpulan dari beberapa bidang mulai dari panjang, tinggi dan lebar.

  1. Tekstur

Keadaan pada permukaan suatu bidang karya seni yang juga terdiri dari dari dua jenis yakni tektur semu dan nyata.

Demikianlah sedikit penjelasan dari seni rupa yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita akan seni rupa.

You May Also Like